cookieOptions = {link}; Belajar Data Analyst | Hafid Junaidi

Tuesday, April 12, 2022

Belajar Data Analyst

Alhamdulillah, tahun 2022 ini bisa mengikuti lagi pelatihan online yang diselenggarakan oleh kominfo pada program digitalent. Sebenarnya sejak 2019 kami berusaha mengikuti program ini, namun karena salah ambil jurusan maka 2019 belum bisa mengikuti dengan baik kesempatan pelatihan tersebut. Namun semenjak dilantik menjadi prakom, diklat fisik (ofline) terakhir yang kami ikuti sebelum pandemi adalah diklat di BPPTIK Cikarang. Dan sepulang dari sana pada Februari 2020, terjadilah pandemi, dan setelah itu mulai diterapkan WFH dalam bekerja. Kesempatan WFH itulah kami mulai bisa mengikuti lagi digitalent.

Sehingga 15 April 2020 - 17 Juni 2020 kami berkesempatan mengikuti Diklat Program Online Academy di bidang IT Essentials. Dan masih pada masa pandemi, pada tahun berikutnya pada 17 Maret 2021 - 19 Meni 2021 kami berkesempatan mengikuti Diklat Program Professional Academy di bidang CCNA Network Engineer. Dan tahun ini mulai tanggal 26 Maret 2022 - 17 April 2022 kami berkesempatan mengikuti lagi Diklat Program Profesional Academy di bidang Data Analyst.

Berbekal pengalaman mengikuti digitalent 2 tahun sebelumnya, tahun ini kami mencoba mengikuti pelatihan di setiap live session menggunakan 2 monitor (1 pc dengan layar mode extend) dimana 1 layar mengikuti tampilan live session, dan layar satunya bisa digunakan untuk membuka materi onlinenya seperti gambar di bawah ini.
Live sesion pada pelatihan Data Analyst kali ini memang berbeda dengan 2 pelatihan yang pernah kami ikuti 2 (dua) tahun sebelumnya yang menggunakan platform webex, pada pelatihan kali ini, DQLab menggunakan platform live streaming youtube dengan mode private yang hanya bisa diikuti oleh peserta pelatihan, dimana link streaming diumumkan pada dokumen mekanisme pelatihan yang selalu terupdate, pada pengumuman group discord, maupun notifikasi email yang selalu dikirim sebelum live session berlangsung.
Paling tidak dalam pelaksanaan pelatihan Data Analyst tahun 2022 ini, ada 9 kali live sesion mulai dari pembukaan sampe materi terakhir, dan juga peserta diwajibkan menyelesaikan modul yang ada pada web academy.dqlab.id sejumlah 12 modul yang sebenarnya merupakan penjabaran dari 8 sesi pembahasan dan harus diselesaikan sepertigambar berikut.
Semoga setelah pelatihan ini, kami dapat memperdalam lagi perihal Analisa Data serta dapat mengikuti lagi di tahun-tahun mendatang yang tentu saja dapat membantu dalam pengembangan kompetensi di bidang jabatan kami. Amien.

No comments:

Post a Comment