cookieOptions = {link}; Pentingnya backup berkala | Hafid Junaidi

Wednesday, December 8, 2021

Pentingnya backup berkala


Masih ingatkah anda kejadian kebakaran gedung cyber kemarin? dari kejadian itu, kami juga merasakan dampaknya karena menggunakan salahsatu webhosting yang ada di gedung tersebut. Hingga tulisan ini kami buat, kabarnya backup yang ada di lantai 3 belum bisa diakses karena digaris polisi. Sehingga webhosting kami sembat memberikan opsi setup baru tanpa data. Opsi tersebut merupakan upaya terbaik penyedia hosting jika kita memilikidata backup tentunya. Dan ternyata tidak semua pengguna menyadari atas kebiasaan tersebut.

Pada salah satu butir kegiatan jabatan fungsional pranata komputer, ada butir kegiatan backup dan restore database. Dimana kegiatan tersebut dapat dilakukan setiap seminggu sekali. Ternyata dengan kebiasaan itu, kita jadi mengerti betapa pentingnya melakukan backup secara berkala. Secara tugas jabatan fungsional, kita diberi kesempatan menilaikan kegiatan itu maksimal seminggu sekali saja. Namun untuk kebutuhan keamanan data, untuk transaksi yang cukup penting, bisa jadi backup dibuat harian, bahkan di salah satu aplikasi kami ada juga backup per jam (tentu saja dilakukan secara otomatis dengan aplikasi) dan disimpan harian.

Jadi, bagi kita yang bertanggungjawab pada sebuah sistem informasi, baik mungkin sistem informasi ofline maupun online, sebaiknya selalu melakukan backup data (dan mungkin aplikasi) secara rutin, tentu saja bukan hanya untuk mengejar angka kredit, tapi sebagai langkah penting pencadangan apabila terjadi keadaan laur biasa seperti kebakaran pda gedung cyber tadi.

No comments:

Post a Comment