cookieOptions = {link}; Kenisbian waktu | Hafid Junaidi

Thursday, June 30, 2022

Kenisbian waktu

Waktu adalah nisbi, itu yang pernah kami baca dari sebuah buku ensiklopedia waktu SMA dulu dengan tema waktu. Mungkin salah satunya dapat kita amatasi atas perbedaan penanggalan kalender komariah antara Indonesia dengan Arab saudi jika dibandingkan dengan kalender masehi. Mengingat waktu kalender qomariah dihitung atas peredaran bulan pada bumi, sementara kalender masehi dihitung atas peredaran bumi pada matahari. Terlebih hari yang ditandai oleh rotasi bumi itu sendiri memiliki kenisbiannya tersendiri.


Silahkan perbesar gambar di atas, atau kunjungi link https://time.is/id/compare/1200_8_July_2022_in_Mecca/NZST/Howland_Island yang membandingkan waktu antara mekkah, new zealand, dan howland island, dimana disitu dapat dilihat juga (disimpulkan) bahwa dalam satu saat, di bumi selalu ada 2 hari yang berbeda pada tempat yang berbeda dengan zona waktu yang berbeda tentunya.

Dari gambar itu pula bisa kita simpulkan, jika waktu mustabah doa arafah dimulai sehabis duhur sampai maghrib pada tanggal 9 dulhijjah, misal tahun ini di Makkah jatuh pada hari Jum'at, itu bersamaan pula jika di New Zealand mulai Jum'at Jam 9 malam sampe Sabtu sebelum subuh, atau kalau di Kepulauan Howland mulai Kamis Jam 9 malam sampe Jum'at sebelum subuh. Ini tanpa memperhatikan tanggal Hijriahnya di kedua tempat terakhir tersebut lho ya.

Namun jika waktu mustabah doa arafah dimulai sehabis duhur sampai maghrib pada tanggal 9 dulhijjah tidak harus bersamaan dengan waktu Mekkah, melainkan waktu kalender setempat, maka di Indonesia bisa jadi waktu mustajabahnya tidak bersamaan dengan waktu Mekkah melainkan besoknya. ^_^

No comments:

Post a Comment