cookieOptions = {link}; Membangun web kantor | Hafid Junaidi

Thursday, June 10, 2021

Membangun web kantor

Sudah cukup lama sekali tidak bermain joomla, dimana di blog ini tulisan tentang joomla terakhir kami unggah pada 10 (sepuluh) tahun yang lalu ketika waktu itu membuat situs untuk sekolah kami sebelum akhirnya setelah itu bermigrasi ke blogger. Bahkan tidak lama setelah itu akhirnya kami berpindah tugas ke sini di Kantor Kementerian Agama Kota Batu dan bertugas di bidang keuangan dan tentu saja setelah itu semakin sering menggunakan blogger daripada Joomla.

Namun setelah akhirnya awal tahun 2021 ini kami dipindahtugaskan dari bidang keuangan akhirnya kini kami memiliki waktu lagi untuk bermain dengan Joomla. Terlebih selain tuntutan dalam pengembangan aplikasi online, juga dikarenakan situs resmi kantor kami yang sebelumnya beralamatkan pada https://kemenag.batukota.web.id yang tentu saja menggunakan domain web.id karena mudah dalam pendaftaran dan bisa diimplementasikan pada blogger kini harus berbenah ke arah yang lebih baik lagi. Kurang lebih beginilah tampilan web Kankemenag Kota Batu yang lama

Web Lama Kankemenag Kota Batu

Harapnnya ke depan, domain lama tersebut bermigrasi ke alamat yang baru yakni http://batukota.kemenag.go.id dengan tampilan desain sementara yang sudah selesai seperti di bawah ini.
Web Baru Kankemenag Kota Batu

Dalam desain web tersebut kami bangun dengan memanfaatkan server lokal xampp versi 7.4.19 karena kami membangun web tersebut dengan memanfaatkan Joomla versi 3.9.27. Dengan komponen pendukung serta modul diantaranya Convert Form dari http://www.tassos.gr/ (untuk form layanan online), Maximenu dari https://www.joomlack.fr/ (untuk tampilan menu), Quix dari https://www.themexpert.com/ (untuk tampilan yang cantik), Remository dari http://www.remository.com/ (untuk arsip berkas online), Simple RSS Feed Reader dari https://www.joomlaworks.net/(untuk menampilkan berita instansi vertika) serta Slideshow CK dari https://www.joomlack.fr/ (untuk tampilan foto slide).

Semoga web baru Kankemenag Kota Batu tersebut bisa dapat online dengan domain dan hosting dari Kementerian Agama dalam waktu dekat.


No comments:

Post a Comment