Thursday, September 18, 2014

Keindahan 3 Pantai di Yogyakarta


Yogyakarta adalah sebuah kota yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa. Lokasi tersebut membuat kota ini memiliki banyak sekali pantai yang terkenal akan keindahannya. Saat anda datang pertama kali ke Yogyakarta, para wisatawan bisa mengunjungi beberapa candi dan tempat-tempat bersejarah lainnya yang tidak bisa dipisahkan dari unsur budaya Jawa. Di setiap sisi kota, anda akan menemukan keramahan masyarakat Yogyakarta dalam menyambut para pelancong baik yang berasal dari luar maupun dalam negeri. Untuk tempat menginap, hotel di Jogja bisa anda dapatkan dengan harga lebih murah daripada kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, namun andapun bisa mendapatkan beberapa hotel berbintang di jogja yang cocok bagi anda yang sedang berbisnis. Itu tadi tempat menginap, sedangkan untuk alat transportasi, di Jogja juga banyak pilihan alat transport, seperti becak untuk jarak dekat, kereta api, bus, taxi, ojek, angkot, dan juga pesawat terbang jika anda ingin menggunakan jalur udara menuju Jogja.
Jika anda bepergian dengan transportasi umum, anda harus mengetahui jam operasionalnya sehingga saat anda selesai berkunjung di beberapa pantai anda tetap bisa pulang dengan tenang karena transportasi ini tidak beroperasi selama 24 jam. Jika anda ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dengan nyaman, lebih disarankan untuk menyewa kendaraan saat menuju ke tempat-tempat wisata. Berikut ini adalah 3 pantai utama yang patut anda jeajahi di kota gudeg ini:


  • Pantai Parangtritis,
  • Pantai Parangkusumo,
  • Pantai Ngobaran.


Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling termasyur di kota Yogyakarta dan berlokasi di Jalan Parangtritis km 28. Jika anda memiliki waktu yang panjang untuk berlibur, sempatkanlah untuk mengunjungi tebing Gembirawati. Dari tebing ini anda akan melihat batas cakrawala yang indah, kawasan parangtristis, dan laut selatan. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto di tebing ini. Jika anda berjalan ke arah timur dari tebing ini, anda akan mendapati reruntuhan candi masa lalu yang disebut candi Gembirawati. Untuk bisa sampai ke candi ini, anda harus berjalan lewat tanjakan yang ada di dekat hotel Queen of the South. Saat turun ke pantai, anda bisa merasakan halusnya pasir pantai, suara deburan ombak, dan bau khas pantai selatan.

Banyak pengunjung yang sudah mengakui eksotisme sinar matahari yang mulai tenggelam di pantai Parangtritis. Sambil menunggu sunset, anda bisa menyewa ATV jika ingin menikmati petualangan menaklukkan gundukanpasing yang ada di pantai ini. Namun jika anda tidak pandai mengendarai ATV, anda bisa berkeliling dengan bendi, kendaraan tradisional yang menggunakan kuda sebagai penariknya. Jika anda berjalan kea rah timur, anda akan menemukan gugusan karang yang sering digunakan oleh pasangan calon pengantin untuk menambil foto pre-wedding.

Pantai selanjutnya yang tak kalah menarik adalah pantai Parangkusumo yang disebut juga pantai cinta. Nama ini disematkan karena di pantai ini ada sebuah batu yang menjadi tempat pertapaan Panembahan Senopati. Di sini Panembahan Senopati bertemu dengan Ratu Kidul yang akhirnya jatuh cinta kepadanya. Senopati ingin memerintah Mataram dan Ratu Kidul berjanji untuk memenuhi permintaan itu asalkan Senopati beserta keturunannya mau menikah dengan Ratu Kidul. Senopati menyetujuinya asalkan tidak ada keturunan yang dihasilkan dari pernikahan itu. Sampai saat ini, batu itu disebut dengan batu Cinta dan menjadi salah satu spot menark bagi pengunjung.

Pantai Ngobaran memiliki kekayaan laut yang luar biasa seperti kerang, bintang laut, landak laut, maupun rumput laut yang bisa anda lihat saat air laut surut. Pantai ini menjadi saksi kerukunan umat beragama karena adanya empat tempat ibadah yang saling berdekatan yaitu pura serta patung dewa, Joglo Kejawen, pura Hindu, dan masjid unik yang menghadap selatan. Pantai ini memiliki kuliner khas yaitu landak laut yang diambil langsung dari pantai Ngobaran. Meskipun tidak banyak dijual di kawasan tersebut, anda tetap dapat menemukan beberapa penjaja hidangan ini.
Alternatif wisata lain

Bagi anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu di Jogja, anda bisa menggunakan jalur udara maupun darat. Bagi anda yang dari Surabaya, bisa menggunakan kereta api dengan waktu tempuh sekitar 7 jam, anda bisa memilih gerbong ekonomi dengan biaya tidak sampai 80ribu rupiah, atau executive dan bisnis yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Mungkin ada pertanyaan adakah wisata alternatif lainnya selain di jogja yang juga tidak kalah bagus ?, jawabnya banyak!. Jika ke arah barat, anda bisa ke studio trans bandung atau ke kawah ciwidey atau ke puncak bogor, beberapa tempat wisata itu akan membuat anda sejenak melupakan aktifitas hiruk pikuk kantor dan beban hidup lainnya. Tidak berhenti di sana, jika anda sudah mempunyai putra putri, beberapa tempat hiburan kelas dunia ini juga wajib anda kunjungi yaitu Ancol, Duffan, dan Taman Mini Indonesia Indah!. Siapa belum pernah mendengar tempat wisata tersebut ? bahkan jika dilihat setiap hari sabtu atau minggu antrean kendaraan dan antusiasme pengunjung dari kota lain sangat banyak sehingga memacetkan lalu lintas. Nah jika anda sudah menentukan destinasi liburan selain candi-candi di Jogja, sekarang anda tentukan dimana anda akan menginap ?. Untungnya kota Jakarta menyediakan banyak alternatif penginapan, mulai dari motel, hotel, apartemen, dan mungkin kamar kontrak atau kos jika anda bermaksud ingin lebih lama di Jakarta. Banyaknya alternatif penginapan tersebut memungkinkan anda bisa lebih selektif dalam memilih tempat menginap, karena hotel di Jakarta pun banyak yang murah daripada apartemennya.




2 coment:

  1. memang jogjakarta pusat rekreasi pantai teindah di pulau jawa. saya dulu masih kecil pernah di ajak ortu liburan kesana. sekitar tahun 1989. sampai sekarang masih teringat ketika saya bermain ombak disana. sungguh menyenangkan. artikel yang menarik. salam kenal

    ReplyDelete