Monday, March 5, 2018

Api water heater menguning dan berasap

Hampir 6 bulan ini kami menggunakan Rinnai REU-5CFC sebagai pemanas air di rumah. Namun beberapa hari yang lalu tiba-tiba kami temukan bercak hitam di tembok tempat water heater itu kami pasang. Seperti bekas terbakar pas di atas pemanas air ini terpasang. Kami curiga kalau perangkat water heater Rinnai REU-5CFC ini terbakar. Namun kami ingin memastikannya dengan melihat perangkat tersebut bekerja.

Dan ternyata benar, ketika pemaas air tersebut dinyalakan, keluarlah asap hitam dari dalam mesin. dan bila dilihat dari bawah terlihat api kuning membara (karena kurang terlihat bila dari samping) seakan membakar mesin. Setelah kami buka cassingnya, ternyata api itu tidak membakar perangkat lain, api kuning itu memamng membara dan memunculkan asap kuning. Akhirnya sesuai buku manual, dalah hal tersebut, sebaiknya menghubungi layanan purna jual.
Beberapa hari setelah itu, kami didatangi teknisi Rinnai, dan kami pun mendampingi mas Jerry, nama tenisi tersebut. Orangnya cukup komunikatif dan membantu. Dan ternyata penyebab api menguning dan mengeluarkan asap hitam tersebut adalah adanya rumah laba-laba di saluran gas pada perapian. Dengan hanya membersihkannya itu menggunakan alat bantu serabut kabel yang diulir sedemikian rupa, akhirnya kini water heater rinnai reu-5cfc sudah normal kembali, api berwarna biru, dan tidak mengeluaran asap. Trimakasih rinnai atas layanan purnajualnya.

(maaf bukan promosi produk, cuma sebagai ungkapan terimakasih saja atas layanan yang baik)

No comments:

Post a Comment