Tuesday, October 27, 2015

Alasan kenapa sebaiknya belajar Aplikasi RKAKL

sumber: perbendaharaan.go.id
Alasan kenapa sebaiknya kita sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan/ aparat sipil negara untuk dapat menggunakan atau ebih familiar dengan aplikasi RKAKL adalah karena yang kita kerjakan dalam melaksanakan tugas tidak jauh dari siklus APBN seperti gambar di samping.

Seperti kami sendiri yang mendapatkan tugas sebagai Penyusun Laporan Keuangan menempati urutan nomer lima bila dilihat seperti gambar tersebut. Namun kami sendiri selain mendapat tupoksi sebagai Penyusun Laporan Keuangan (dalam sistem pelaporan dan pencatatan APBN) kami juga mendapat tugas tambahan pada pelaksanaan APBN dan Perencanaan.



Nah mungkin kami tidak akan bercerita tentang tupoksi dan tusi tambahan tersebut yang melekat pada diri kami pribadi, namun pada umunya kita ASN yang banyak diberikan tugas pada bagian pelaksanaan APBN, karena disitulah denyut nadi pemerintahan berjalan.

Namun, bukankah alangkah baiknya bila kita lebih mengenal dengan aplikasi RKAKL seperti layaknya kita mengenal aplikasi office semacam word maupun excel? Karena bagaimanapun juga perencanaan pasti banyak dipengaruhi oleh pelaksana anggaran. Dan dengan menguasai aplikasi RKAKL ini, kita dapat membantu diri kita sendiri untuk misalnya memahami struktur anggaran, SBM, output, dan lain sebagainya. Selain misal juga akan membantu penyusunan anggaran di tahun-tahun ke depan sesuai dengan pengalaman pelaksaan anggaran sebelumnya. ^_^

No comments:

Post a Comment