Saturday, July 11, 2015

Langkah Sukses Study di Australia

Belajar hingga ke luar negeri memang sangat menarik, serta membanggakan. Terlebih bila tujuan negaranya ialah Australia. Australia yang memiliki mutu pendidikan sangat bagus, menjadi salah satu negara yang paling di serbu para pelajar Indonesia. Study in Australia tentu bukan sebuah perkara yang mudah, selain di awal semester Anda harus menyesuaikan diri dengan berbagai pola pengajaran Anda juga harus menyesuaikan dengan cara belajar yang harus Anda tempuh.

Untuk dapat sukses menempuh pendidikan di Australia, tentu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:
  1. Jangan malu untuk mengutarakan pendapat saat belajar di kampus, mungkin Anda belum mengetahui bila Australia memiliki tingkat persamaan derajat yang sangat baik. Di sana semua masyarakatnya hidup dengan saling menghargai. Saat belajar, Anda tidak perlu malu, Anda bisa mengutarakan pendapat dan belajar dengan serius, 
  2. Berani mengaku jika tidak tahu. Kebiasaan ini memang sedikit mencengangkan, bila kebanyakan dari kita malu mengakui ketidaktahuan, pelajar Australia justru tidak segan- segan bertanya tanpa takut untuk kehilangan muka, 
  3. Mendengarkan, bila kita tidak terbiasa mendengar bahasa inggris, saat pertama kali belajar tentu rasanya akan sedikit bingung untuk mencerna, Anda bisa memasang alat perekam untuk menghindari informasi yang terlewatkan, 
  4. Perbanyak membaca, selain mendengarkan dosen, Anda juga harus memperbanyak membaca berbagai ilmu tentang jurusan yang Anda geluti. 
Selain belajar, saat menempuh pendidikan di negara lain, tidak jarang kita belum terbiasa untuk mengendalikan pengeluaran. Biaya hidup sangat lah tinggi, banyak pengeluaran yang mungkin tidak bisa untuk di hindari seperti berbagai keperluan sehari-hari, berbelanja, hingga biaya transportasi. Bahkan sering kali pengeluaran bulanan yang kita gunakan begitu membengkak. Alhasil uang hasil kiriman atau uang dari beasiswa habis kurang dari waktunya. Oleh sebab itu, jika Anda belum terbiasa, Anda bisa melakukan penghematan.

Anda bisa mencari tempat tinggal dengan biaya yang murah. Anda tidak perlu menyewa rumah yang terlampau mewah bila belum mempunyai uang lebih. Hal terpenting ketika Anda memilih tempat tinggal ialah kenyamanan, sehingga Anda bisa berfokus untuk belajar. Ketika memilih tempat tinggal ini, Anda bisa tinggal di asrama yang biasanya di sediakan oleh beberapa kampus. Jika memilih asrama kampus, tentu Anda harus siap untuk berbagi kamar, yang terpenting hanyalah menjaga privasi antara satu sama lain. Bila Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa memilih tempat tinggal yang berada di luar kampus, namun Anda harus melakukan pengamatan, seperti jarak dengan kampus, atau sisi keamanan lingkungan.

Setelah Anda memilih tempat tinggal yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda harus jeli dalam memilih transportasi. Jika Anda memilih jalan kaki, otomatis akan lebih menguras banyak waktu serta energi, memilih bus umum, tentu akan lebih boros. Jika ini kendala Anda, pilihan yang bisa di ambil ialah membeli sebuah sepeda. Dengan harga yang tidak mahal, sepeda dapat membantu Anda. Walaupun tidak bisa menjangkau jarak jauh namun sepeda jauh lebih fleksibel, tidak membutuhkan bahan bakar.

Hal terakhir yang bisa membantu penghematan Anda ialah memilih makanan yang lebih sesuai dengan kantong. Sayuran tentu memiliki harga yang tidak mahal Anda bisa membelinya di pasar kemudian memasaknya sendiri. Akan jauh lebih murah bukan? menempuh pendidikan di Australia memang tidak semudah yang di bayangkan. Namun, Anda bisa mendapatkan berbagai macam pelajaran hidup di sini. Asalkan konsisten dalam belajar dan mengatur keuangan.

No comments:

Post a Comment