Sunday, January 8, 2012

Program Pengembangan Kurikulum

Salah satu komponen program sekolah dalam RKAS atau RAPBS mengandung Program Pengembangan Kurikulum. Bila kita mempelajari Standar Pendidikan yang berhubungan dengan Program Pengembangan Kurikulum ini mungkin tidak salah bila kita hubungkan dengan komponen akreditasi pada bagian standar isi.
Dengan mempelajari komponen standar isi tersebut, dapat kita pahami bahwa Program Pengembangan Kurikulum tidak memerlukan banyak kegiatan meskipun cukup banyak tuntutan untuk memnuhi standar isi agar sesuai dengan standar pendidikan.

Untuk itu dapat kita buat beberapa kegiatan yang mungkin dapat kita anggarkan pada bagian Program Pengambangan kurikulum tersebut antara lain untuk indikator prinsip multi strategi dalam pengembangan kurikulum SNP melalui beberapa kegiatan berikut ini
  • Workshop/seminar orientasi, sosialisasi, dan pemahaman SKL, SI, dan lainnya yang relevan
  • Workshop pengembangan/penyusunan kurikulum
  • Validasi hasil penyusunan KURIKULUM
  • Workshop review dan penyempurnaan
  • Pendokumentasian hasil akhir penyusunan KURIKULUM

Sementara untuk pemenuhan standarr isi yang lainnya lebih banyak sekolah dituntut untuk melengkapi dokumen standar isi dengan emmperhatikan beberapa hal seperti muatan kurikulum, prinsip pengembangan kurikulum, prinnsip pelaksanaan kurikulum, stuktur kurikulum, standar kompetensi dasar, beban belajar, pengembangan ktsp, pengembangan silabus, pengembangan RPP, dan penyusunan kalender pendidikan yang sesuai.

Dengan tersusunnya Program Pengembangan Kurikulum sebagai salah satu Program Sekolah pada RAPBS dengan itu pengelolaan BOS pada sekolah akan lebih mudah bukan ^_^. Semoga postingan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment