Tuesday, July 19, 2011

Pelatihan "Citizen Journalism"

Dimulai pada hari Senin malam kemarin, di Balai Desa Pesanggrahan dilaksanakan Pelatihan "Citizen Journalism" yang diadakan Sekolah Demokrasi Kota Batu bekerjasama dengan Kelompok Informasi Desa Pesanggrahan dan Karang Taruna Desa Pesanggrahan. Kegiatan yang diikuti beberapa elemen masyarakat mulai dari para anggota KIM Desa Pesanggrahan yang baru dibentuk beberapa waktu sebelunya juga diikuti para anggota karang taruna Desa Pesanggrahan bahkan juga mengundang rekan karang taruna dari Kelurahan Ngaglik, selain itu juga diikuti dari perwakilan PKK Desa Pesanggrahan.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluar prinsip-prinsip Demokrasi. Dimana demokrasi merupakan salah satu tujuan reformasi di Indonesia dan diharapakan akan tercipta keadaan yang lebih baik, keadilan lebih terjaga, kesempatan lebih merata, karena masyarakat bisa lebih aktif mengawasi dan memberikan masukan kepada Pemerintah, sementara itu Pemerintah juga akan semakin bijak dalam menyikapi setiap tuntutan masyrakat, dan semakin cerdas dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Hal ini mendorong perlunya upaya pemberdayaan semua sektor secara kompetitif dan transparan yang bermuara pada peningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Dalam pemberdayaan semua bidang tatanan kehidupan tentunya diperlukan adanya partisipasi masyarakat secara utuh, sedangkan Pemerintah dalam hal ini cukup memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga akan tercipta komunikasi yang sinergis, baik dalam menginformasikan issu-issu pembangunan maupun menerima masukan dari masyarakat dengan mengedepankan iklim yang lebih terbuka dalam menerima, mengolah dan melayani informasi publik.

Ini merupakan paradigma baru dalam pranata kehidupan di era demokrasi dan otonomi, dimana informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting, karena dari informasi ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan yang akan merubah sikap dan perilaku masyarakat, masyarakat akan menjadi cerdas, berpengetahuan, trampil dan mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.

Oleh sebab itu dalam tatanan kehidupan bermasyarakat di perlukan wadah yang legitimate yang keberadaannya diakui publik. Wadah yang dimaksud adalah Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) yang berperan sebagai agen informasi di tengah-tengah masyarakat, dengan adanya KIM di dalam masyarakat akan mampu menjembatani kepentingan Pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya secara horizontal.

No comments:

Post a Comment