Saturday, January 1, 2011

Kemesraan situs kita dengan Google

Kali ini saya akan mencoba mereview "sebisa saya" tetang salah satu layanan google yang saya telah lama gunakan tapi saya sendiri masih meraba-raba manfaatnya secara bahasa saya. Kali ini akan dibahas tentang webmaster tools salah satu layanan dari google untuk situs kita yang tentu saja berbeda dengan Google Analytics yang pernah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Kalau Google Analytics lebih memberikan informasi tentang darimana sumber kunjungan situs kita, yang informasi tersebut bisa jadi berupa jumlah kunjungan, sumber kunjungan (mesin pencari, kunjungan langsung, maupun kunjungan referal), Google Analytics juga memberikan informasi konten situs kita yang paling sering di kunjungi.

Sementara Webmaster Tools "menurut pemahaman saya" memberikan informasi bagaimana google khususnya berinteraksi dengan situs kita. Seperti yang kita pahami secara besama, Google yang merupakan salah satu mesin pencari paling populer untuk dekade ini memiliki cara tersendiri untuk memberikan layanan pencarian di dunia maya.

Google melakukan crawling, indexing, dan serving untuk menampilkan hasil pencarian yang diberikan kepada kita sebagai pengguna google. Dan untuk itu "mungkin" webmaster tool ini disediakan bagi para pemilik situs/ blog agar kita lebih mengetahui semesra apa situs/ blog kita terhadap mesin pencari google.

Seperti ditunjukkan gambar di bawah ini beberapa informasi yang ditampilkan oleh webmaster tools
webmaster tools

* Site configuration
o Sitemaps
o Crawler access
o Sitelinks
o Change of address
o Settings
* Your site on the web
o Search queries
o Links to your site
o Keywords
o Internal links
o Subscriber stats
* Diagnostics
o Malware
o Crawl errors
o Crawl stats
o HTML suggestions
* Labs
o Fetch as Googlebot
o Site performance
o Video Sitemaps
Hal-hal tersebut adalah beberapa informasi yang berhubungan dengan cara google memberikan layanan pencarian di dunia maya.Secara umum dengan menggunakan webmaster tools kita bisa mengetahui; Search queries (permintaan pencarian web) yang berhubungan dengan situs kita, berapa kali mereka tampil di google dan berapa kali kita di klik di google, kita juga dapat mengetahui kata kunci paling relevan untuk situs/ blog kita (keywords) dan kita juga bisa mengecek link yang mengarah pada situs kita (backlink) baik eksternal maupun internal.

6 coment:

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Kebetulan saya sudah daftar di Google webmastertool sejak lama. Moga aja semakin hari semakin akrab.

    ReplyDelete
  2. @alamendah Yup, meskipun saya juga udah lama, tapi mau sharing masalah itu juga masih susah buat kata-katanya, baru pagi ini aja disempet-sempetin, he6 ^_^

    ReplyDelete
  3. Hmm,, ALhamdulillah google juga sedang menjalin hubungan mesra dengan blog saya he he he

    ReplyDelete
  4. Lumayan, blog saya cukup mesra
    mungkin karena PR 4 ya :)

    Yuk bikin lebih mesra lagi :D

    ReplyDelete
  5. saya bisa semakin mesra dengan google sepertinya menyenangkan terima kasih

    ReplyDelete
  6. @bocahbancar yup, bersukarialah yang mesra ama google, jangan sampai cemberutan ma google, bisa-bisa situs kita dibanned ma google
    @cucuharis tapi pola kerja google sekarang "katanya" sudah tidak terlalu banyak dipengaruhi dengan PR, jadi ada unsur lain yang lebih penting dari PR "katanya"
    @anonymous memang menyenangkan sekali ^_^

    ReplyDelete