Friday, June 4, 2010

Mempercepat akses Situs/Web/Blog

Kecepatan akses pada situs kita sangatlah penting karena semakin cepat maka pengunjung situs kita akan cenderung lebih menyukai dari pada akses yang lambat pada situs kita. Situs dengan kecepatan akses yang lambat pasti akan menyebalkan pengunjungnya, sehingga menyebabkan pengunjung enggan kembali untuk mengakses situs tersebut.

Banyak hal yang dapat menyebabkan sebuah situs memiliki kecepatan akses tertentu. Penampilan halaman HTML lengkap termasuk semua obyek (gambar, CSS, javascripts, RSS, Flash dan frame / iframe). Ini meniru cara halaman dibuka di browser web.

Berikut gambaran kecepatan akses situs ini sebelum dilakukan modifikasi yang diperlukan.

Dari gambar di atas terlihat bahwa situs ini diakses dengan kecepatan 5,7 detik, hal ini merupakan waktu yang relatif cukup lama untuk mengakses sebuah situs. Untuk itu kita perlu melihat penyebab lambatnya akses situs kita. Dengan menggunakan layanan dari pingdom.com, sebuah tools untuk mengetahui kecepatan akses situs kita dan penyebabnya, maka kita dapatkan tampilan seperti berikut ini.


Dari gambar di atas  kita dapat melihat salah satu penyebab lambatnya akses situs kita, misalnya seperti pada point 6 gambar tersebut disebabkan akses gambar untuk backgroun blog ini yg berada pada hosting lain. Dengan memindahkan pada blog ini juga, maka kita dapat melihat perubahan pada poin 6 seperti gambar di bawah ini yang memberikan grafil lebih pendek.


Seperti ditunjukkan gambar di bawah, setelah perubahan tersebut, terlihat bahwa kecepatan akses situs ini telah lebih cepat 1 detink yang itu sangat berarti sekali.


Hal-hal yg dapat kita lakukan untuk mempercepat akses pada situs kita salah satunya adalah meminimalkan frame, javascript, mengecilkan ukuran gambar, dan menaruh gambar yang berhubungan pada hosting google, misal pada blogger atau picasa. Bila gambar yg ditampilkan diperlukan ukuran kecil, maka kita upload gambar yang berukuran kecil saja.

2 coment:

  1. posting yang menarik sobat..!
    memang kecepatan website mempengaruhi traffic, saya sendiri kalo mengunjungi blog/website yang loadingnya lama juga males untuk balik lagi..!!
    thanks infonya..!
    sukses..!

    ReplyDelete
  2. Yup, betul banget
    Makanya banyak widget yang tak pindah, dan menghilangkan banyak iklan ^_^
    soalnya sampe sekarang juga ga bakat cari duit lewat iklan ^_^

    ReplyDelete