Saturday, July 10, 2010

Membuat Format Laporan Tugas Akhir A5

Berikut ini coba saya bagi-bagi tips sederhana untuk membuat format Tugas Akhir yang akhir-akhir ini ternyata mengalami perkembangan menuju ukuran A5 daripada zaman-zaman sebelumnya. ^_^

Bermula dari pengumuman kuliah D3TKJ yang saya jalani dan insyaAllah hampir selesai tahun ini, Format Tugas AKhir kali ini menggunakan ukuran kertas A5, dimana itu berarti setengahnya dari ukuran A4. Berdasarkan pengumuman Universitas Muhammadiyah Malang yang bagian menangani perkuliahan jarak jauh D3 TKJ di sini, dijelaskan bahwa format TA kali ini menggunakan ukuran A5 dan di cetak bolak-balik.

Berikut ini contoh tips sederhana untuk melakukan format Tugas Akhir ukuran A5 dengan paling tidak kita menggunakan MSword, Open Office, dan Adobe reader (pdf). Sebenarnya mungkin bisa cukup dengan open office writer saja, tapi saya sendiri belum menguasai penuh software tersebut, jadi saya gunakan ketiganya.

Untuk membuat Tugas Akhir tersebut dalam 1 file penuh (karena mengandung 2 section, yakni section dengan halaman menggunakan format romawi i, dan menggunakan halaman format number) kita dapat memanfatkan fungsi insert -- break -- section break -- Next Page, sehingga kita bisa memberikan format halaman section pertama dengan format romawi i, sedangkan section kedua kita beri format halaman angka (jangan lupa pada section ke dua dlm format halaman/ insert page number) untuk menentukan start at 1, bukan continue from previous.


Sementara untuk format halaman bisa kita lakukan di open office (nantinya kita buat pdf dari open office ini juga) kalau diformat di ms word terlebih dahulu lalu kita buka di open office, maka format akan berubah lagi, jadi lebih baik kita format halaman Tugas Akhir kita tersebut pada open office.

Perintah format halaman pada open office berbeda dengan pada ms word yang berada pada menu file, pada open office terletak pada menu format -- page. Pada tab page kita tentukan paper format seperti gambar berikut.

Gambar di bawah merupakan pilihan pada tab organizer di section pertama (dg format halaman romawi i/ gambar di atas)


Untuk section kedua (halaman berformat angka) kita format seperti gambar di bawah, hanya saja karena di ms word sebelumnya header pada section ini pernah saya buka sehingga tidak sama ukurannya dengan format section pertama, tapi tetap kita usahakan margin atas 2 cm sesuai ketentuan D3TKJ


Pada bagian organizer kita sesuaikan untuk section 2 (versi ms word) disini diberi nama convert 1 (versi open office)
Sementara untuk tips print PDF ada di tulisan saya sebelumnya di sini. Semoga tips sederhana ini bermanfaat.

7 coment:

  1. wah ini yang dicari dari tadi. langsung tkp....

    ReplyDelete
  2. saya pake office word 2013 om, ga ada format A5 di page setup nya. gimana ya? saya ada tugas kuliah. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  3. iya mas kalau word 2013 tidak ada format kertas A5 adanya B5 apa sama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sama :( b5 itu lebih besar dr a5 tapi lebih kecil dr a4 . Bisanya manual kalau pake wnd.2013

      Delete
    2. Postingan lama bersemi kembali

      Delete
  4. adakah caranya dengan mengubah registri, biar muncul pilihan ukuran A5?
    soalnya ada tmen sy pake ms.office 2010+2013 ada pilihan A5 dari sononya

    ReplyDelete