Sunday, May 9, 2010

Membuat Blog versi Ponsel/Hand Phone

Pada saat ini semakin menjamurnya perangkat hand phone yg relatif semakin terjangkau membuat akses internet melaui gadget tersebut meningkat tajam. Terdeteksi dari kunjungan situs ini juga, pengguna opera mini menjadi peringkat kedua setelah pengguna firefox. (saya menggunakan google analitic).

Maka dalam beberapa waktu terakhir ini saya mulai berusaha untuk mengurangi konten yg dapat memberatkan pengunjung ketika mengakses situs ini. Dengan mengurangi beberapa iklan yg belum bisa menghasilkan banyak dan juga memindah beberapa widget pada halaman baru akhirnya sekarang situs ini dapat diakses dengan transfer data setenagh daripada biasanya.

Akses menggunakan operamini dengan transfer data 73 KB

Selain itu ada juga sebuah tools yg dapat kita manfaatkan secara gratis untuk membuat blog kita dalam versi Ponsel. Tetapi karena gratis, maka kita menggunakan alamat domain baru seperti halnya blog ini ada di http://nedy-nedy.mofuse.mobi.

akses blog ini pada http://nedy-nedy.mofuse.mobi. hanya 2KB

akses posting dengan mofuse hanya 4 KB

Cara membuatnya cukup mudah, daftar saja di http://mofuse.mobi setelah itu yg perlu anda persiapkan adalah rss feed dari blog anda. cara membuatnya ada di sini (sebenarnya sudah ada). Dan kita tinggal pilih alamat domain blog versi ponsel kita.

Sebenarnya ada layanan yg dikenal dengan nama instant mobilizer dengan syarat kita membeli dulu TLD dotmobi, seperti pada http://www.hafid.mobi artinya kita beli domain .mobi, tetapi untuk saat ini saya belum berhasil menggunakannya karena masalah TLD. Padahal seperti ditampilkan pada gambar di bawah, blog ini bisa menggunakan instant mobilizer. Sebenarnya saya sendiri juga mencari script yang dapat ditaruh diatas template yg bisa mendeteksi pengunjung yg mengakses situs kita, dan bila ternyata menggunakan perangkat ponsel maka ditampilkan template minimal.

Menggunakan instant mobilizer
Baca juga cara untuk membuat situs web dengan menggunakan joomla 1.0 dan joomla 1.5 agar mudah diakses melalui ponsel
baca juga Google mobilize situs kita

No comments:

Post a Comment