Friday, March 19, 2010

Sejarah Blog (blogger)

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web menyerupai tulisan-tulisan (dimuat sebagai posting) di sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yg lebih lama) merupakan ciri khas blog, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web (blog) seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab pada 23 Agustus 1999 sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Hingga pada Mei 2007 seluruh layanan Blogger secara resmi telah dipindahkan dan dioperasikan di server milik Google, bertepatan dengan lahirnya blog ini.

Blog mempunyai fungsi sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.



Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Sumber: diolah dari wikipedia

No comments:

Post a Comment