Sunday, February 14, 2010

Setting AilLive WL-5470AP sebagai Router+AP

Pekerjaan selanjutnya dalam pengerjaan Tugas Akhir ini adalah konfigurasi AP (Access Point) sebagai Router sekaligus AP dalam jaringan komputer SMP Darush Sholihin kota Batu.

Kebetulan sekolah baru mendapat bantuan perangkat tersebut (kalau beli sendiri rasanya belum memungkinkan, he6). Sekolah dapat bantuan AP dengan merek Ail Live WL-5470AP.
Access Point tersebut memiliki 8 mode operasi yang dapat diterapkan. Untuk kebutuhan Tugas Akhir ini, saya akan memilih mode AP + Router untuk dikonfigurasikan pada AP tersebut.

Caranya dengan menggunakan browser, menuju alamat Akses poin yang secara default adalah 192.168.100.252. Dan pada browser tampil seperti berikut.


Setelah itu kita memilih pada bagian Mode. Pada awalnya akses poin tersebut masih mengaplikasikan mode AP saja.


Untuk merubah pada mode Router dan AP, kita pilih pada mode gateway, lalu klik setup.

Pada setup, kita bisa menentukan band yang saya pilih B+G dengan SSID saya beri nama darshohotspot, channel Number 11.

Agar bisa terhubung dengan internet, maka kita perlu setup Wan port, dimana saya menggunakan modem ADSL dari speedy, maka konfigurasinya seperti berikut ini.

IP addres harus satu jaringan dengan modem, dan DNS yang kita gunakan memakai open DNS yang telah kita daftarkan kemarin. Dengan default gateway merupakan alamat IP modem.

Untuk memberi akses yang terbatas hanya untuk masyarakan sekolah, maka layanan wireless perlu kita beri password. Konfigurasinya ada pada Security. Saya memilih mode encryption WEP merkipun tidak lebih baik dari WPA, dikarenakan tidak semua device yang ada di sekolah support WPA, hanya sebatas WEP (seperti vx5 yang saya gunakan, he6).


Begitulah tahap proses konfigurasi AP untuk tugas akhir ini. Cukup mudah ternyata dan semoga bermanfaat.

2 coment:

  1. mau tanya ne gan...
    setelah kita setting WEP, laptop yang coba connect ke jaringan saat di masukkan PassPhrase , g bisa-bisa connect...
    padahal sudah sama persis....
    encryption key 1,2,3,4 di buat sama persis....

    ReplyDelete
  2. itu yg dipakai salah satu, jadi pilih salah satu saja, mana yang digunakan yang 1, 2, 3, ato 4, bukan digunakan secara bersamaan ^_^

    ReplyDelete