Wednesday, February 10, 2010

Daftar Open DNS

Salah satu tahap dalam pembuatan Tugas Akhir saya adalah memilih DNS yang tepat. Paling tidak itu diperlukan untuk melindungi akses internet di lingkungan sekolah, karena saya tidak menggunakan router maupun server khusus untuk menangani hal tersebut.

Open DNS adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah saya tersebut. Dengan mendaftarkan pada Open DNS kita dapat melindungi para siswa dari akses situs-situs yang tidak kita inginkan yang dapat menimbulkan dampak negatif.

Langkah pertama daftar di http://www.opendns.com/ lalu daftar pada bagian create account



Setelah daftra pilih cara pengubahan DNS, bisa di komputer, router, maupun DNS server, karena di sini kita tidak

Atur pada jaringan pada bagian dns ganti dengan nilai open DNS
Primary 208.67.222.222
Secondary 208.67.220.220

Setelah selesai silahkan masuk ke Dasboard

Masuk pada bagian setting untuk menambahkan network yang akan kita aplikasikan open DNS

pilih tombol add this network dan beri nama network anda seperti di bawah ini, dengan friendly name seperti yang anda inginkan.


Untuk konfigurasi open DNS, pilih jaringan (network) pada bagian settings for
Lalu memilih pada tingkat mana web conten filtering yang anda kehendaki, karena open DNS memberikan banyak pilihan yang bisa anda terapkan pada jaringan anda.
Hasilnya seperti di bawah ini. Bila kita mencoba mengkases salah satu situs yang kita filter, maka akan muncul tampilan seperti di bawah
Tampilan juga bisa kita sesuaikan sesuai keinginan kita, misalkan menambahkan logo sekolah. PIlih pada bagian configuration dan upload logo sekolah


Setelah upload, lalu logo kita edit pada bagian click here to edit
Lha, pastikan mengupload logo yang tidak terlalu besar, karena kita hanya dipersilahkan untuk menampilkan ukuran logo yang kecil saja.
Setelah selesai mengedit logo, tinggal kita aktifkan logo tersebut.
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment