Sunday, December 21, 2008

Menulis arab di windows

Akhirnya, setelah sekian lama mencari bagaimana cara menulis arab pada windows, dan ternyata dugaanku keliru, tak pikir kita harus menginstal windows arabic (kupikir ada produk khusus), ternyata tidak, windows yang kita pakai ternyata sudah menyediakannya.

Jadi caranya mudah, buka saja menu start, pilih setting, lalu control panel.


Lalu pilih pada Regional Option


Pilih pada tab Language, centang Install files for complex script and right-to-left language (including Thai) dan nanti muncul peringatan, klik OK saja.


Akan ada perintah insert disk Windows anda, bila anda belum memiliki, silahkan download file yang diperlukan di sini. Lalu ekstrak pada komputer anda.


Bila anda tidak memiliki cd windows dan menggunakan file tersebut, piih pada browse dan arahkan pada folder hasil ekstak anda tadi. lalu open.


Setelah ditemukan file yang sesuai, klik open untuk melanjutkan.


Setelah file yang dibutuhkan ditemukan, klik OK


Maka proses instalasi (copy Files) mulai dilakukan windows.


Setelah itu akan ada perintah resart, tapi anda bisa memilih NO.


Lalu pada Regional and Language Option tadi, pada tab Language, pada bagian Text services and Input language pilih Details. Lalu Pilih Add pada bagian Installed services.


Pilih Input language pada Arabic (Saudi Arabia) dengan Keyboard Arabic (101) lalu klik OK.


Setelah itu, Service Arabic telah terinstal pada komputer anda.


Untuk mempermudah pengetikan, munculkan Language bar pada taskbar anda. Carana klik kanan pada taskbar, pilih toolbar, lalu language bar.



Nah, di situ anda bisa pilih mana yang aan anda gunakan.


Untuk mempermudah peralihan antar input teks yang berbeda, misal latin ke arab, kita bisa menggunakan hotkeys Left Alt+Shift. Atau bisa kita rubah sesuai keinginan kita pada Key setting pada Text Services and Input Language.


Untuk menulis Arabic, maka tentu saja kita mengetik dari kanan ke kiri, klik icon right to left sehingga pointer berada pada bagian kanan margin kertas




Atau pada Format Paragraph pilih Right-to-Left


Ini contoh tulisan arabnya

Untuk mempermudah pengetikan arabic, maka anda membutuhkan keyboard arabic. Bila anda bermaksud menggunakan keyboar yang lama, tidak ada salahnya anda menempeli keyboard yang lama dengan stiker. Belilah kertas stiker selebar folio, dan silahkan download keyboard yang anda butuhkan, apakah warna putih atau hitam dengan klik pada gambar di bawah ini. Ada dua pilihan warna, putih dan hitam.



Untuk font memperkaya font arabic anda, download di sini.

2 coment:

  1. Thanks banget bro!!! jadi bisa coba ilmu baru.

    ReplyDelete