Tuesday, July 29, 2008

Speedy Time Based?

Yah, udah lama sekali q gak posting tentang speedy. Memang secara umum blog ini sedang menurun karena kesibukan yang cukup banyak. Ya sekolah, ya kuliah. Terlebih ketika akses internet sangat terbatas ketika sekolah memutuskan untuk menghentikan berlangganan Speedy karena alasan biaya.

Tapi pada akhirnya alhamdulillah, sekarang sekolah telah memasang Speedy lagi, dan kesempatan itu saya gunakan untuk mencoba layanana Speedy Time Based. Dimana sebelumnya sekolah kami menggunakan layanan Speedy Personal.

Alasannya, mungkin karena billing Speedy Time Based didasarkan pada waktu pemakaian internet, sedangkan billing Speedy Personal berdasarkan besarnya lalu-lintas data (download dan upoad) internet. Dan saya pikir, lebih baik menggunakan time based jika ingin kita gunakan untuk jaringan sekolah, apalagi kalau kita juga membutuhkan layanan download dan upload yang cukup banyak, bandingkan dengan Speedy Personal yang ketika kita menggunakannya meski hati-hati kalau mau download maupun upload.
Bagaimana dengan kecepatan download-nya? (atau mungkin kita sebut saja bandwith). Ehm, cukup lumayan ketika kita coba. Terutama di pagi hari sebelum jam 7 pagi, bisa sampai 30-an KB/sec. Dan saya telah mencoba download 2 file bersamaan dengan kecepatan seperti itu.

Sedangkan kalau siang berkisar 10-an KB/sec, bisa kita lihat pada gambar contoh di bawah ketika saya mendownload jam 8-an.


Tapi di suatu saat, di pagi hari, kecepatan download bener-bener down. Lihat pada gambar di bawah



Itu terjadi karena jaringan telepon yang kurang bagus, dan setelah dilayani telkom dengan menghubungi 147 akhirnya telkom mengganti kabel telpon sekolah kami. Dan setelah itu internet bisa diakses dengan normal lagi.

Tapi setelah dua hari saya tidak memakai, tiba-tiba internet sekolah kami terganggu, maka saya ke 147 lagi, dan mereka bilang gak ada gangguan. Selama 2 hari internet sekolah kami terganggu, dimana lampu act pada modem tidak mau menyala. Saya coba reset seperti ketika sebelumnya pernah error, juga gak bisa. Dan akhirnya customer service telkom yg dari Jakarta langsung menghubungi saya dan ternyata mereka harus mereset dari pusat untuk sambungan internet kami, akhirnya saya baru mengerti, kalo tidak hanya bisa direset modemnya aja, tapi juga bisa direset dari pusat. Jadi kalau anda pelanggan Speedy mendapat masalah jangan lupa hubungi 147.

Suatu saat di siang hari, saya mencoba mendownload sesuatu dari server telkom (tepatnya mendownload buku elektronik) dan akhirnya ketahuan kecepatan download kita bisa sampai 100 KB/sec. Jadi apa yang diiklankan Speedy mungkin lebih terarah pada ini, maksudnya kita mungkin bisa mendapat kecepatan sebesar itu kalau download maupun upload dari server telkom, tapi kalo dari server lain, ya jangan berharap, he5.


Trus, kapan sekolah yang telah tersambung dengan Speedy bisa beralih ke Jardiknas seperti kata beliau-beliau? Kami tunggu Jardiknas di sekolah kami.

No comments:

Post a Comment