Tuesday, November 21, 2017

Kembali ke zaman prasejarah

Seingatku ketika masih SMU dulu diterangkan bahwa tonggak pembeda antara zaman prasejarah dan zaman sejarah adalah ditandai dengan penggunaan tulisan sebagai sumber informasi sejarah. Bila masih berupa gambar-gambar seperti yang dicoret pada dinding goa-goa maka zaman tersebut termasuk zaman prasejarah. Bila memang ingatan itu benar, maka izinkan kami beropini di blog kami ini, bahwasannya menurut pengamatan kini tren kita kini memang mendekati dengan masa pra sejarah. Kenapa begitu?

Dalam hal sosial media, kini semakin mewabah penggunaan platform gambar daripada dulu ketika zaman blog, seperti blog ini misal yg lebih banyak mengandalkan konten tulisan. Semakin mewabahnya konten gambar dibanding konten tulisan bisa dimaklumi ketika budaya literasi pun tergerus oleh zaman dengan kepentingan-kepentingannya. Maka bagi insan dengan kebiasaan literasi rendah lebih menyukai dan berpartisipasi dengan konten-konten gambar tersebut. (Ini hanya opini pribadi saja).


Selain itu, bisa juga dibandingkan dengan kehidupan manusia bagaimana bisa kembali ke zaman prasejarah. Seperti halnya manusia sebagai subyek kuat pelaksana peradaban, dimana mengalami masa bayi nya, lalu menginjak remaja, dewasa, hingga tua yang sering juga bersifat bayi lagi, mungkin itulah kenapa trend nya kita kembali ke zaman prasejarah 

No comments:

Post a Comment