Monday, January 23, 2017

Ekuitas

Menurut Wikipedia Pengertian ekuitas adalah tuntutan pemilik terhadap aktiva perusahaan. Dalam perusahaan perorangan atau persekutuan, ekuitas pemilik seringkali dipecah menjadi akun yang berbeda untuk mencatat nilai sisa ekuitas pemilik (owner’s capital balance) dan pengambilan pribadi (the owner’s withdrawals). Dan menurut kami tuntutan ini merupakan sisa dari tuntutan pihak ketiga yang harus didahulukan yakni hutang.
Dalam pembelajaran akuntansi dasar, kita tidak langsung dikenalkan dengan transaksi ekuitas kecuali dalam pembentukan modal awal, biasanya ekuitas baru terpengaruh oleh hasil pengikhtisaran akun-akun yang mempengaruhinya, yakni akun beban dan pendapatan (akun nominal). Berbeda dengan tingkat intermediate yang bisa jadi langsung memasangkan ekuitas pada suatu transaksi.

Dalam tingkat dasar semisal suatu beban akan lebih mudah dipahami atas pasangannya dengan aset kas bila dibayar dengan tunai, atau utang bila tidak langsung dibayarkan. Begitupula pendapatan. Baru di tingkat intermediate beberapa transaksi beban maupun pendapatan dipasangkan langsung dengan ekuitas seperti pada beberapa transaksi saiba akhir-akhir ini. Jadi pahami dulu dasarnya, lalu intermediate, suatu saat nanti juga akan masuk advance juga

No comments:

Post a Comment