Tuesday, June 16, 2015

Cara Menunjukkan Anda Orang yang Tepat untuk Sebuah Pekerjaan

Jika anda saat ini baru saja menyelesaikan kuliah atau sedang merintis karir baru, maka hal yang saat ini mungkin paling mengintimidasi anda tentunya suatu hal yang berkaitan erat dengan pengalaman. Karena anda mungkin belum memilikinya. Pada dasarnya anda memang tidak dapat menghadirkan keajaiban untuk menyulap CV maupun surat lamaran anda menjadi berpengalaman. Namun paling tidak anda dapat mencoba untuk lebih kreatif yaitu dengan mengikuti beberapa tips seperti berikut ini untuk membantu anda lebih mempercantik serta membuat CV anda lebih meyakinkan digunakan melamar salah satu info lowongan kerja yang ada.


Menerima kenyataan bahwa anda memang tidak berpengalaman
Ketika anda melamar suatu posisi baru, manajer HRD sebenarnya sudah mengetahui bahwa pribadi seperti anda memiliki sedikit pengalaman ataukah tidak sama sekali. Maka dari itu sebaiknya terima saja kenyataan bahwa anda memang tidak memiliki pengalaman dan manfaatkan hal tersebut untuk menjadi sebuah motivasi belajar. Misalnya saja seperti menggunakan kemampuan anda mendapat gelar bintang kelas karena mampu menyelesaikan puluhan halaman laporan tesis secara mandiri ketika melamar ke sebuah perusahaan PR. Meskipun tidak berkaitan dengan industri PR, akan tetapi hall semacam ini dapat mengindikasikan besarnya dedikasi anda, komitmen dan keinginan belajar maupun berkembang. Dimana kunci besar inilah yang dicari oleh para manajer HRD ketika mereka merekrut fresh graduated.

Menjadikannya sebagai sebuah personal
Meskipun anda tidak memiliki pengalaman bekerja, anda tentunya memiliki pengalaman hidup yang tidak kalah berguna. Jadi, anda tidak perlu takut untuk beragam pengalaman hidup yang sudah anda alami. Karena ini mengajarkan anda mengenai beberapa hal berharga yang terjadi saat ini. Sebagai satu contoh anda merupakan pelajar yang menempuh pendidikan di luar negeri. Menggunakan satu pengalaman tersebut akan membuka mata anda mengenai perbedaan budaya yang ada di dunia ini. Pengalaman personal semacam ini akan menunjukkan tingkat kedewasaan serta manajer yang cukup baik tentunya akan memahami dan juga menginginkan hal tersebut pada setiap karyawannya. Anda dapat menemukan momen yang sudah mengubah hidup anda, buatlah sedikit deskripsi singkat pada CV maupun surat lamaran anda dan cobalah untuk membicarakan hal tersebut ketika anda diberikan kesempatan menghadiri proses interview oleh perusahaan tujuan anda.

Temukan link penghubung bagi kemampuan anda
Jika anda berniat melamar lowongan kerja terbaru pada suatu posisi, meskipun anda saat ini tidak memiliki pengalaman secara khusus pada bidang tersebut. Akan tetapi tentunya terdapat hal yang menjadikan anda tertarik melamarnya. Baik itu karena posisi maupun karena perusahaannya. Lebih baik lakukan riset mengenai sebuah perusahaan tersebut dan cobalah untuk menemukan kaitannya di dalam kehidupan anda serta pengalaman edukasi yang kemungkinan sudah anda lakukan dengan sebaik mungkin.
Perusahaan apapun yang anda lamar, baik itu perusahaan fashion, teknologi hingga studio rekaman. Kemungkinan anda tidak mempunyai pengalaman secara langsung pad industri tersebut karena baru lulus kuliah. Akan tetapi hal yang perlu anda ingat adalah bahwa anda baru saja memulai karir dan mereka akan lebih tertarik mengenai bagaimana anda menggunakan setiap pelajaran yang selama ini sudah anda pelajari sebagai fondasi yang kuat. Selanjutnya tetaplah profesional dan jujur dalam mengisi CV anda. Utamakan untuk menjabarkan “pengalaman” yang anda dapatkan selama sedang menempuh pendidikan, namun tentunya tanpa membuat diri anda sendiri terlihat arogan di mata pihak perusahaan. kerja yuk!

No comments:

Post a Comment