Tuesday, November 4, 2014

Tips Memilih Asuransi untuk Kendaraan Roda 4 Terbaik

Kesibukan dalam beraktifitas sehari-hari, terkadang membuat kita lupa akan resiko yang mengancam keselamatan kita semua saat berkendara. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kerugian jika ada kecelakaan menimpa saat berkendara ialah mengikuti asuransi. Baik untuk asuransi mobil atau asuransi jiwa. Kemudahan serta keuntungan yang didapat membuat banyak masyarakat memilih cara ini. Akan tetapi karena banyaknya lembaga yang menawarkan asuransi untuk jiwa dan kendaraan, sering membuat kita bingung dalam memilih tempat untuk mengasuransikan jiwa dan mobil.


Berikut adalah beberapa tips untuk memilih tempat asuransi mobil terbaik :


  1. Mempertimbangkan Kondisi Mobil
Melihat kebutuhan dengan kondisi kendaraan sekarang dari usia kendaraan, jenis, keadaan dan kegunaan kendaraan. Pilihlah jaminan yang sesuai dengan situasi dan kondisi mobil anda. Dalam asuransi mobil, terdapat dua jaminan umum yang dijamin oleh pihak asuransi, yaitu :
  • Penjaminan hampir seluruh resiko yang disebabkan oleh kecelakaan besar ataupun kecil, dengan beberapa pengecualian seperti kehilangan mobil yang diakibatkan oleh sopir pribadi atau pekerja membawa lari hingga menyebabkan pemilik kehilangan mobilnya.
  • Pihak asuransi hanya melakukan penjaminan atas kehilangan atau kerusakan kendaraan diatas 75%. Pilihan ini bisa dilpilih untuk mobil yang berusia tua dan memiliki mobilitas tinggi


  1. Bengkel Rekanan
Anda berhak bertanya tentang bengkel yang bekerja sama dengan pihak penjamin asuransi. Guna menghindari penipuan yang marak dimoduskan dengan program asuransi mobil. Selain itu ini akan memudahkan kita dalam melakukan pengecekan jika sesuatu terjadi pada mobil kita kedepannya.


  1. Layanan yang Disediakan
Pertimbangkan berbagai promo lain yang disediakan oleh perusahaan asuransi tersebut. Seperti pelayanan 24 jam misalnya, lalu letak kantor cabang dsb.


  1. Nilai Premi / konpensasi yang ditawarkan oleh pihak penjamin asuransi
Memilih lembaga asuransi yang menawarkan premi yang wajar. Tidak murah atau mahal sekali. Pastikan premi yang ditawarkan tidak berbeda terlalu tinggi atau rendah dari promo yang telah disediakan.


  1. Perhatikan tentang jasa yang ditawarkan
Tanyakan hal-hal yang anda belum mengerti atau dirasa kurang jelas kepada pihak asuransi jika dalam dokumen pembelian asuransi mobil tersebut ada yang terasa ganjil atau membuat anda bingung. Sesuaikan pembayaran asuransi dengan pendapatan Anda setiap bulannya. Pada umumnya, besaran asuransi berkisar antara 10%-15% dari pendapatan Anda sendiri. Sedangkan untuk waktu pembayarannya bisa dilakukan setia tahun, semester, triwulan, bulanan, bahkan bisa dilakukan dalam sekali bayar.


Sedangkan beberapa tips lainnya yang patut diperhatikan adalah :


  • Pilihlah produk asuransi dari perusahaan yang telah terdaftar jelas di OJK serta dalam pemasaran atau penawarannya dilakukan oleh tenaga bersertifikat dari AAJI dan AAUI.
  • Pelajari segala hal tentang manfaat, keuntungan, dan kerugian dari produk yang akan dibeli, serta agar lebih mudah proses dalam mendapatkan pengajuan asuransi, maka pelajari juga prosedur klaimnya
  • Jangan tergoda dan mudah percaya dengan perkataan tenaga pemasar, jika dirasa perlu mintalah contoh copy dokumen / ketentuan dan syarat tertulis untuk produk yang ditawarkan oleh tenaga pemasar asuransi.
  • Berterus terang kepada tenaga pemasar dalam menanyakan tentang informasi yang mereka tawarkan. Jangan ragu untuk menolak jika memang tidak tertarik melakukan asuransi. Jangan melakukan pembelian asuransi karena merasa tidak enak hati menolak tenaga pemasar asuransi.
  • Bacalah ulang tentang ketentuan tertulis dalam proses pembelian asuransi.
  • Jika anda ingin mengajukan keluhan tentang hal-hal yang anda rasa tidak nyaman atau tidak sesuai dengan kesepakatan, Anda bisa mengadukannya melalui tenaga pemasar atau perusahaan tempat anda membeli asurani tersebut.

Demikianlah hal yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih asuransi mobil terbaik.

No comments:

Post a Comment