Wednesday, October 9, 2013

Agar BSM tepat sasaran

BSM adalah salah satu program pemerintah untuk membantu siswa miskin/ kurang/ tidak mampu agar bisa terus melanjutkan sekolah, tapi menurut hemat kami, Bantuan/Beasiswa Siswa Miskin ini akan lebih tepat sasaran bila menjadi Beasiswa/Bantuan Sekolah Keluarga Miskin/ Tidak mampu. Kenapa begitu?

Bantuan siswa miskin yg mekanisme penyalurannya ditujukan untuk siswa sekolah yg miskin, justru kurang banyak memenuhi sasaran karena yg berstatus siswa (sudah berada dlm sekolah) tentu saja sedikit lebih mampu daripada anak2 lainnya yg tidak mampu bersekolah.

Semestinya BSM ini disalurkan melalui RT/RW atau desa setempat agar bisa sampai pada keluarga miskin dan bisa memasukkannya ke sekolah, bukan melalui sekolah yg notabene siswa yg telah berada dalam sekolah lebih mampu dibanding yg benar2 tidak mampu masuk ke dalam sekolah.

Dan tentu saja bagi anak2 yg miskin yg sudah sekolah tetap mendapatkannya dan disalurkan baik langsung melalu pemerintah desa/ kelurahan atau pula lewat sekolah. Tidak hanya lewat sekolah dan hanya bagi yg sudah berstatus siswa. Bagaimana dengan anak2 yg tidak berada di sekolah? Di jalanan? Di sawah? Di proyek2? Di TPA2? Di pedalaman? Di pelosok hutan? Di pesisir pantai? Di pulau terpencil?

No comments:

Post a Comment