Wednesday, September 18, 2013

Efektifitas dan efisiensi

Sedikit pengertian dari efektifitas adalah melakukan hal yg benar, dalam artian mencapai tujuan yang benar. Sementara efisiensi adalah melakukan hal dengan benar, dalam artian cara melakukannya yang benar. Gabungan keduanya adalah melakukan dengan cara yg benar untuk mencapai tujuan yg benar.

Begitu pula dalam penyelenggaraan pelayanan publik, efisiensi bisa dikenal dengan optimalisasi anggaran. Penggunaan anggaran (baca uang rakyat) selayaknya haruslah tetap efisien, semurah mungkin, meskipun ada standar biaya bukankah rakyat akan lebih senang bila pelayannya bisa menghemat anggaran tapi tetap optimal? Dan tetap efektif?

Bagaimana dengan prinsip efektifitas pelayanan publik tersebut? Maka itulah yg kita kenal dengan penganggaran berbasis kinerja. Penggunaan anggaran tidak hanya diukur atas serapan rupiahnya saja, tapi pencapaian output yg sesuai dan terukur, terlebih pencapaian outcome yg dapat dirasakan oleh rakyat, bukan hanya sekedar yg penting membuat kegiatan tapi gak tepat sasaran.

No comments:

Post a Comment