Sunday, December 11, 2011

Planet Kepler 22b

Kepler-22b adalah planet ekstrasolar yang pertama dikonfirmasi dan ditemukan oleh Space Telescope Kepler NASA yang mengorbit pada zona habitasi dari bintang seperti Matahari. Kepler-22b, yang mungkin seperti Bumi , berjarak 587 tahun cahaya dari Bumi, mengorbit sekitar bintang jenis G Kepler-22

Planet Kepler 22b
Penemuan ini diumumkan 5 Desember 2011. Planet itu awalnya ditemukan pada hari ketiga Operasi Kepler untuk ilmu pengetahuan di pertengahan 2009. Transit ketiga terdeteksi pada akhir tahun 2010. Data konfirmasi tambahan disediakan oleh Spitzer Space Telescope dan pengamatan berbasis darat.

Radius Kepler-22b adalah sekitar 2,4 kali radius Bumi (sekitar setengah dari Neptunus ). Massa dan komposisi permukaan tetap tidak diketahui, dengan hanya beberapa perkiraan yang sangat kasar didirikan:

Telah diperkirakan bahwa itu mungkin "Neptunus" (yaitu massa mirip dengan Neptunus) planet dengan massa 35 massa Bumi ~, tetapi dalam "kasus terbaik" itu bisa menjadi sebuah dunia laut dengan hanya 10 kali massa Bumi.

Jadi planet ini bak super-Bumi atau lebih besar, tergantung pada massa yang sebenarnya. Karena secara substansial lebih besar dari bumi, kemungkinan memiliki komposisi yang berbeda. Jika sebagian besar laut dengan inti berbatu kecil, Natalie Batalha, salah satu ilmuwan pada proyek ini, berspekulasi "itu bukan di luar wilayah kemungkinan bahwa kehidupan bisa ada sedemikian lautan." Hal ini kemungkinan adanya kehidupan telah mendorong SETI untuk melakukan penelitian pada calon atas untuk intelijen luar bumi.

Jarak rata-rata dari "Kepler-22b" untuk yang bintang tuan Kepler-22 adalah sekitar 15% kurang dari jarak dari Bumi ke Matahari tetapi luminositas (output cahaya) dari Kepler-22 adalah sekitar 25% kurang dari yang dari Matahari. Ini kombinasi dari jarak rata-rata lebih pendek dari bintang dan luminositas bintang yang lebih rendah konsisten dengan suhu permukaan moderat pada jarak itu. Jika planet ini ditemukan untuk bergerak dalam orbit elips, suhu permukaannya akan bervariasi dari temperatur yang lebih tinggi ketika dekat dengan Kepler-22 untuk menurunkan ketika lebih jauh. Jika orbit memang sangat elips, maka akan suhu berkisar ekstrim.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa dalam ketiadaan atmosfer, temperatur kesetimbangan akan sekitar -11 ° C . Jika atmosfer menyediakan efek rumah kaca yang sama besarnya dengan yang di Bumi, planet ini akan memiliki suhu permukaan rata-rata 22 ° C (72 ° F ). Jika planet ini memiliki efek rumah kaca yang mirip dengan yang di Venus , suhu permukaannya akan lebih seperti 460 ° C (860 ° F ) suhu di Venus .
sumber: wikipedia.org

No comments:

Post a Comment