Thursday, October 20, 2011

BKU dan Buku Pembantu Kas Satker - Progress 50%

Sudah selayaknya kita sebagai abdi masyarakat mengelola anggaran dengan se-akuntable mungkin. Beberapa bulan terjun di bidang keuangan salah satu satker yang melayani masyarakat, alhamdulillah sudah dapat membaca bagaimana sistem akuntansinya. Berangkat dari hal itu dengan segala keterbatasan yang ada, insyaAllah pada blog ini akan kami sharing aplikasi Buku Kas Umum untuk satker dengan berbagai macam buku  pembantunya.

InsyaAllah aplikasi yang bisa dijalankan dengan openoffice calc maupun aplikasi office sejenis seperti exel ini meliputi Buku Kas Umum dengan Buku Pembantunya yakni Buku Pembantu Kas, Buku Pembantu Kas Tunai, Buku Pembantu Kas Bank, Buku Pembantu Persekot Perjalanan Dinas, Buku Pembantu Uang Persediaan, Buku Pembantu LS-Bendahara, Buku Pembantu Pajak, Buku Pembantu Lain, dan Berita Acara Pemeriksaan Kas, serat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang seluruhnya insyaAllah otomatis dengan hanya mengisikan saldo awal masing2 buku pembantu dan mengisi Buku Kas Umum saja.

Untuk saat ini proyek pribadi saya tersebut masih dalam tahap 50%. Semoga tidak ada haangan untuk segera menyelesaikannya.

Untuk Buku Pengawas Anggaran mungkin belum bisa kami buat karena tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, bisa saya analogikan kaau buku-buku tersebut (buku kas umum dan buku pembantunya) layaknya jurnal umum dan jurnal khusus, sementara buku pengawas anggaran layaknya buku besar pada organisasi komersial pada umumnya.

4 coment:

  1. Wah, tak tungguin aplikasinya. Moga cepet selesai dan segera bisa dishare di sini.

    Dukung pulau Komodo jadi 7 Keajaiban Dunia. Cukup dengan SMS, ketik KOMODO kirim ke 9818. Kirim sebanyak-banyaknya tiap hari hingga 11 November 2011.
    (Biaya SMS hanya Rp. 1 dari nomor Telkomsel, Flexi dan Satelindo, dan Rp. 0 dari nomor XL)

    ReplyDelete
  2. kita do'akan semoga sehat dan Insya Allah Aplikasinya cepat selesai dan bisa dibagikan untuk teman2, thx

    ReplyDelete
  3. Mas, Tahun 2010 saya buat aplikasi pembukuan bendahara pengeluaran dengan Excel, termasuk Wasditmaknya. Mungkin kita bisa share progressnya dan saya bisa kirim aplikasi saya. Tinggalkan kontak mas di comment dan akan saya hubungi kembali.

    ReplyDelete
  4. Wah, bagus sekali tuh, email aja ke hafid.junaidi@gmail.com

    ReplyDelete