Monday, May 23, 2011

Perbedaan JVM, JRE, JDK, SDK

Usaha untuk membuat postingan tentang fitur upload foto pada facebook versi operamini memaksa saya untuk mencoba akses facebook dengan operamini emulator lewat browser firefox yang biasa saya gunakan. Hanya saja saat ini saya menggunakan komputer di kantor baru yang ternyata belum diintal java-nya. Dan sempat bingung juga apa yang musti saya instal, JRE, JVM, JDK, atau SDK? Jadi apa perbedaan JVM, JRE, JDK, SDK milik java dan mana yang perlu saya instal pada komputer tersebut kalau hanya untuk menjalankan emulator operamini pada firefox?



Berikut ini penjelasannya
1. JVM (Java Virtual Machine)
JVM inilah yang merupakan jantung dari Java Platform. JVM ini adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengeksekusi program Java menjadi bahasa mesin untuk diproses oleh prosesor. JVM mampu menerjemahkan code-code Java ke hampir semua platform. JVM ini-lah yang membuat Java "write once, run everywhere" alias multi-platform

2. JRE (Java Runtime Environment)
JRE inilah yang memungkinkan sebuah program Java dapat berjalan di mesin Anda. JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke prosesor. Setiap JRE pasti memiliki sebuah JVM di dalamnya untuk melakukan pemrosesan selanjutnya


3. JDK (Java Development Kit)
Seperti namanya, JDK adalah semacam kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. JDK ini berguna saat Anda menulis code program. Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.
• javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber
• java, yaitu program untuk meluncurkan aplikasi

4. SDK (Software Development Kit)
Ini lain lagi ceritanya. SDK ini biasanya adalah kumpulan dari tools yang dibutuhkan untuk membuat serta menjalankan program. Jadi di dalam SDK itu ada JDK-nya, ada JRE-nya serta mungkin IDE-nya juga.
Perbedaan JVM, JRE, JDK, SDK


Jadi kesimpulannya:
- JVM ada di dalam JRE
- JVM ada di dalam JDK juga
- JRE untuk "membaca" program Java
- JDK untuk "menulis" program Java
- SDK umumnya berisi JDK & JRE

sumber www.logikamu.co.cc

No comments:

Post a Comment