Tuesday, December 28, 2010

Mencoba Google Adwords

Berikut ini saya mau berbagi pengalaman tentang penggunaan Google Adwords sebagai salah satu media periklanan yang sangat tangguh bagi usaha bisnis online anda. Berawal dari sebagai pengguna Google Analytic saya mendapatkan email dari google yang berisi voucher untuk mencoba Google Adwords sebagai salah satu sumber trafik untuk situs saya.


Voucher yang lumayan, seharga Rp 400.000 untuk menggunakan Google Adwords. Setelah saya mendaftar program Google Adword, saya mencoba memahami dulu bagaimana memanfaatkan voucher tersebut. Jadi jika anda mendapatkan hal yang sama dengan saya, jangan ragu untuk segera daftar akun pada Google Adwords dengan langkah-langkah yang mudah, dan baru mengaktifkan voucher tersebut setelah anda membuat minimal 1 iklan (campaign)
Setelah saya mengaktifkan voucher Google Adwors tersebut, saya membuat sebuah campaign dengan beberapa kata kunci seperti "Hiasan Dinding", "Kaligrafi Kuningan", "Kuningan", dan "Pintu Ka'bah", dan sebenarnya saya juga menggunakan beberapa kata kunci yang lain seperti "Kaligrafi", dan yang berhubungan dengan itu yang mana sebetulnya kata kunci tersebut sudah cukup sangat kuat bagi blog saya ini ^_^. Tampilan ke empat kata kunci tersebut pada mesin pencarian terlihat seperti pada gambar-gambar di bawah ini.




Di bawah ini digambarkan cara kerja Google Adwords dimana pembayaran (biaya) google adword bisa kita anggarkan setiap harinya, dan biaya berdasarkan klik yang dilakukan oleh pengunjung berbanding dengan impressionnya (tampilan iklan di mesin pencari). Karena tidak setiap tampil pasti mendapatkan klik dari pengunjung. Jadi tampilan itu yang disebut sebagai impression.

Gambar di bawah ini menunjukkan sumber trafik blog ini, dimanasumber yang berasal dari iklan dinyatakan dengan Google Ads, berbeda dengan yang berasal dari pencarian organik seperti yang ditunjukkan untuk kata kunci "Kaligrafi", maka mengapa dari itu saya menganggapnya sudah cukup kuat untuk blog ini.
Karena kakak ipar saya sebagai pemilik produk tersebut kurang siap/ kebingungan dalam menerima order online, dan apabila itu juga terjadi pada anda dalam menggunakan Google Adwords, maka saya sarankan untuk memberhentikan sementara (pause) iklan anda. Agar biaya yang anda keluarkan tidak mubadzir seperti ditunjukkan gambar di bawah ini.
Jadi gunakan Google Adwords dengan kata kunci yang sekiranya belum kuat untuk anda (untuk mengetahuinya gunakan Google Web Master tools) untuk menjaring trafik/ kunjungan pada situs anda yang sebaiknya bernilai ekonomis/ komersial karena iklan pada Google Adwords tidak gratis kan? ^_^

10 coment:

  1. Mampir balik sob..

    Pengalamannya menarik sekali dan layak untuk dicoba. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. kalau mencoba Google Adwords jangan lupa menerapkan anggaran yang pas untuk iklan anda ^_^

    ReplyDelete
  3. Terimakasih untuk itu, tapi saya sendiri juga masih belajar dan terus belajar ^_^

    ReplyDelete
  4. bgmn tips periode menggunakan google analytic, ataukah setiap hari menggunakannya? Trim's ya :)

    ReplyDelete
  5. @adetruna (link-nya koq ganti n menakutkan hitu ? ^_^) google analytic kan terpasang begitu saja, maksud penggunaan setiap hari itu bagaimana om?

    ReplyDelete
  6. link tdk menakutkan kok :) lantas apa yg menjadikan nedy diberi voucher dr adword?

    ReplyDelete
  7. oh, itu, saya kurang tau om, mungkin mereka memilih secara acak atau melihat trafik blog ini yang mereka pandang cukup untuk diujicobakan trafik lewat adwords

    ReplyDelete
  8. Yang pasti harus dicoba utk mengetahui hasilnya

    ReplyDelete
  9. Thanks infonya, menarik sekali....

    ReplyDelete