Friday, October 29, 2010

Beberapa Gambar Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung yang paling aktif di pulau jawa Indonesia. Gunung Merapi Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Letaknya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta dan masih terdapat desa-desa di lerengnya sampai ketinggian 1700 m. Bagi masyarakat di tempat tersebut, Merapi membawa berkah material pasir, sedangkan bagi pemerintah daerah, Gunung Merapi menjadi obyek wisata bagi para wisatawan. Kini Merapi termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.


Gunung Merapi

20 September, Status Gunung Merapi dinaikkan dari Normal menjadi Waspada oleh BPPTK Yogyakarta. 21 Oktober, Status berubah menjadi Siaga pada pukul 18.00 WIB. 25 Oktober, BPPTK Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi menjadi Awas pada pukul 06.00 WIB. 26 Oktober, Gunung Merapi memasuki tahap erupsi. Menurut laporan BPPTKA, letusan terjadi sekitar pukul 17.02 WIB.

Sedikitnya terjadi hingga tiga kali letusan. Letusan diiringi keluarnya awan panas (wedus gembel) setinggi 1,5 meter yang mengarah ke Kaliadem, Kepuharjo. Letusan ini menyemburkan material vulkanik setinggi kurang lebih 1,5 km. 27 Oktober 2010 Gunung Merapi pun meletus. Dari sekian lama penelitian gunung teraktif di dunia ini pun meletus. Dan letusan itu pun menewaskan juru kunci Gunung Merapi yakni Mbah Marijan.

Berikut ini beberapa Gambar Gunung Merapi, Gunung Merapi yang meletus, maupun gambar wedus gembel yang sedang beraksi yang saya peroleh dari beberapa situs di internet
Gunung Merapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi

1 coment:

  1. Saya sedih sekaligus marah dengan kelakuan beberapa orang yang menjadikan musibah gunung meletus di merapi dan bencana gempa di mentawai sebagai sarana "wisata". hal ini terungkap pada saat wartawan PR mewawancarai masyarakat di sekitar merapi, yang menyatakan bahwa banyak sekali masyarakat dari luar kota yang sengaja datang dengan kendaraan ke merapi untuk berwisata saja...tega banget ya mereka...

    ReplyDelete