Wednesday, August 25, 2010

Schoolnet dengan speedy socialia

Fasilitas Internet yang kami dapatkan dari pemerintah melalui Pustekom dengan program jardiknasnya ternyata saat ini mengalami penurunan kualitas layanan yang kami dapatkan. Untuk hari ini memang belum saya konfirmasi pada pustekom, karena masih terlalu pagi untuk melakukan panggilan ke 500005.

Yang kami maksudkan adalah badwidth yang kami dapat ternyata akhir-akhir ini menurun. Dulu kami mendapat bandwidth dari Speedy sebagai layanan ISP yang bekerjasama dengan Pustekom untuk membangun jardiknas sebesar 1 Mbps. Itu artinya sama dengan paket Familia untuk model paket Speedy yang baru atau sama dengan paket office untuk model paket speedy yang lama.
Paket baru Speedy terdiri dari 7 paket yakni Mail, Chat, Socialia, Load, Familia, Executive, dan Biz. Tapi kini yang didapatkan sekolah kami adalah paket socialia dengan bandwidth rata-rata hanya 384 Kbps. Hal ini membuat kinerja internet pada jaringan sekolah menurun dari pada sebelumnya. Padahal komunitas sekolah baik pendidik, tenaga pendidikan dan siswa sudah mulai menyadari dan memanfaatkan internet di sekolah. Kenapa ini bisa terjadi?


Memang sih kalau harus biaya sendiri mungkin sekolah kami yang relatif masih kecil akan memilih paket ini. Tapi kalo kita sama-sama dapat gratis dari pemerintah sebagai penanggung jawab pendidikan nasional kenapa tidak mendapatkan layanan yang lebih baik? koq malah menurun? Tanya Kenapa?

3 coment:

  1. Jawaban dari Mr. Kwarta seperti ini:

    Pak Hafid Junaidi yth,

    Setiap tahun topologi Jardiknas dan spesifikasi teknis SchoolNet memang berubah untuk memenuhi tuntutan optimalisasi akses 'intranet' schoolnet. Sesuai lingkup kerja yang dikontrakkan, bandwidth SchoolNet pada tahun 2009 memang 384 up to 1 Mbps dan tahun 2010 ini (karena perubahan topologi) menjadi up to 384 Kbps.
    Topologi baru memungkinkan Pustekkom 'membaca' utllitas setiap sekolah penerima bantuan SchoolNet sebagai bentuk komitmen pengendalian akses Jardiknas.
    Kami menyadari penurunan bandwidth ini akan berdampak kepada lambatnya akses internet namun akan mempercepat akses konten lokal Jardiknas, namun Pustekkom tetap akan berupaya untuk memberikan akses internet sesuai kebutuhan masing2 sekolah (proporsional).
    Pustekkom akan menginformasikan kapasitas dan masa layanan SchoolNet setelah kontrak dengan PT Telkom Indonesia ditandatangani dalam waktu dekat.
    Demikian konfirmasi kami, terima kasih.

    Wass wr wb

    Kwarta

    Jadi itu penjelasannya ternyata ^_^

    ReplyDelete
  2. Kami menyadari penurunan bandwidth ini akan berdampak kepada lambatnya akses internet namun akan mempercepat akses konten lokal Jardiknas, <--- kok gitu ya pak?

    ReplyDelete
  3. @pak Kahirul Anas, tapi bagaimana ya pak cara akses konten lokal tanpa terpengaruh bandwidth speedy (internet?)

    ReplyDelete