Sunday, August 29, 2010

Peran Bendahara bagi Sekolah

Sekolah adalah sebuah organisasi sosial yang tentu saja sangat banyak kita temui di sekitar kita. Dalam wikipedia sendiri dijelaskan bahwa Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa (atau "murid") di bawah pengawasan guru.


Sementara itu di wikipedia juga dijelaskan organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

Selayaknya organisasi, sekolah memiliki elemn-elem organisasi. Yang saya kamsudkan adalah pelaku organisasi itu sendiri. Dalah hal ini yang saya bahas adalah Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah. Kalau saya boleh berpendapat, Kepala Sekolah bagaikan "otak"-nya organisasi sekolah, sedangkan Bendahara adalah "jantung"-nya organisasi sekolah.

Karena kepala sekolah adalah yang mengatur sekolah. Sementara Bendahara adalah yang mengalirkan "darah" dana untuk membiayai seluruh kegiatan sekolah. Kiranya seperti itulah peran Bendahara untuk sekolah bagi saya pribadi. Apakah anda punya pendapat lain?

No comments:

Post a Comment