Friday, August 13, 2010

Masalah daftar email di bawah 18 tahun

Akhir-akhir ini penyedia layanan email gratis seperti yahoo.com dan google.com lebih memperketat aturan pembuatan akun baru, termasuk juga beberapa jejaring sosial yang terkenal seperti facebook.com. Salah satu dari persyaratan pembuatan akun baru pada layanan-layanan tersebut adalah usia minimal 18 tahun. Meskipun terkadang beberapa anak berhasil membuat akun email tersebut maupun akun jejaring sosial (semisal facebook), regulasi tersebut patut kita hargai karena memang banyaknya kasus yang dapat merugikan anak-anak dengan menggunakan internet seperti pelecehan maupun penipuan.

Kita mendukung atas adanya regulasi tersebut dengan membatasi usia pendaftaran akun di dunia internet. Tapi pada usia-usia tersebut di negara kita telah dicanangkan (melalui kurikulum sekolah) untuk pengenalan internet kepada mereka. Dengan asumsi anak SMP usia masih di bawah 18 tahun (kecuali bagi yang sudah berhasil mendaftar), bagaimana kita mengenalkan internet (semacam layanan email) bagi anak-anak di usia di bawah 18 tahun?

Untuk itu kita bisa memanfaatkan sebuah layanan service email yang bisa kita gunakan untuk pembelajaran bagi siswa-siswi dibawah 18 tahun, yakni kita bisa mendaftar email untuk sekolah kita. Kita dapat mendaftar google apps, dimana di google apps kita dapat mendaftarkan email dengan tanpa batas usia, kecuali bila ada regulasi dari pihak google. Kita dapat memanfaatkan layanan google apps tersebut untuk pembelajaran email bagi siswa-siswi kita yang berusia di bawah 18 tahun. Untuk itu silahkan baca kembali artikel saya tersebut di sini. Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment