Wednesday, August 11, 2010

Beban Kerja Guru

Mungkin kita sebagai masyarakat dunia pendidikan masih bertanya-tanya, Berapa sih beban kerja kita sebagai tenaga pendidik? Berapa jam yang harus kita penuhi sebagai tenaga pendidikk? Berapa jam minimal guru PNS untuk mengajar di sekolah? Berapa jam kewajiban Kepala Sekolah untuk mengajar? Bagaimana dengan wakil Kepala Sekolah? Kepala Perpus? Lab? dan lainnya? Sesuai dengan isi permendiknas no 39 th 2009 tentang beban kerja guru dan pengawas sekolah dapat kita simpulkan sebagai berikut:


  1. Beban kerja guru paling sedikit 24 jam dan paling banyak 40 jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu pada satu atau lebih satuan pendidikan yang memiliki izin pendirian dari pemerintah atau pemerintah daerah
  2. Beban mengajar guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah adalah paling sedikit 6 (enam) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Artinya Jabatan Kepala Sekolah (satuan pendidikan) diakui dengan beban 18 jam. Atau membimbing 40 peserta didik yang berasal dari guru konselor.
  3.  Beban mengajar guru yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah adalah paling sedikit 12 (enam) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Artinya Jabatan Kepala Sekolah (satuan pendidikan) diakui dengan beban 12 jam. Atau membimbing 80 peserta didik yang berasal dari guru konselor.
  4.  Beban mengajar guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Perpustakaan adalah paling sedikit 12 (enam) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Artinya Jabatan Kepala Sekolah (satuan pendidikan) diakui dengan beban 12 jam.
  5.  Beban mengajar guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Laboran, bengkel, unit produksi, adalah paling sedikit 12 (enam) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Artinya Jabatan Kepala Sekolah (satuan pendidikan) diakui dengan beban 12 jam.
  6.  Beban mengajar guru bimbingan konseling paling sedikit adalah membina 150 peserta didik
  7. Beban mengajar khusus pendidikan inklusi adalah 6 (enam) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu.
untuk lengkapnya silahkan download di sini

No comments:

Post a Comment