Wednesday, September 8, 2010

Twitter vs Facebook (Google meng-indeks twitter)


Twitter dan Facebook memang beda tetapi memiliki beberapa sedikit kesamaan, kesamaannya adalah keduanya juga bisa digunakan sebagai sosial networking (jejaring sosial) yang dapat menghubungkan individu-individu yang ada di muka bumi ini. Hanya saja sebenarnya Facebook lebih mirip dengan Friendster, yg lebih digolongkan sebagai social networking. Kesuksesan Facebook daripada Friendster menurut hemat penulis disebabkan karena merek yang mereka gunakan.

Friendster terkesan hanya digunakan oleh anak-anak muda saja untuk mencari teman dan berpacaran, berbeda dengan facebook yg lebih terkesan sebagai sebuah "buku wajah" atau buku harian bagi penggunanya sehingga tidak terbatas untuk kalangan muda tetapi juga untuk dewasa, sehingga tidak heran bila facebook memiliki pangsa pasar yang lebih luas dan sukses.

Sementara twitter yg juga memiliki unsur jejaring sosial (tandanya dengan adanya sistem follow dan di-follow) lebih merupakan situs microblogging, sama dengan plurk misalnya. Beberapa waktu yg lalu mungkin gak terlalu jauh berbeda antara facebook dengan twitter, seakan dua-duanya sama.

Tapi beberapa hari ini, sistem goolge yang baru memberi keuntungan "relatif" lebih bagi pengguna twitter dari pada facebook (dalam hal sharing), karena kali ini google telah dapat mengindeks twitt kita, jadi apa yg kita tulis pada twitter bisa di cari dan bermanfaat bagi semua orang, sementara facebook belum bisa hingga saat tulisan ini ditulis. Untuk hal tersebut, google telah menambah kategori pencariannya pada pemutakhiran.

1 coment:

  1. Ternyata facebook juga terindeks, tapi kayaknya masih khusus page aja, yg personal belum tau aq

    ReplyDelete