Wednesday, May 19, 2010

Tumbuh Kembang Remaja

Dilihat dari siklus kehidupan, masa remaja merupakan masa yang paling sulit untuk dilalui oleh individu. Masa ini dapat dikatakan sebagai masa yang paling kritis bagi perkembangan pada tahap-tahap kehidupan selanjutnya.
Mengapa dikatakan demikian? Ini dikarenakan pada masa inilah terjadi begitu banyak perubahan dalam diri individu baik itu perubahan fisik maupun psikologis. Perubahan dari ciri kanak-kanak menuju pada kedewasaan. Pada wanita ditandai dengan mulainya menstruasi atau buah dada yang membesar. Pada pria antara lain ditandai dengan perubahan suara, otot yang semakin membesar serta mimpi basah.

Dalam kondisi berbagai perubahan di atas, remaja biasanya tidak mau lagi dikatakan sebagai kanak-kanak namun remajapun belum dapat dikatakan sebagai orang dewasa jika dilihat dari berbagai kesiapan yang mereka miliki.

Berbagai perubahan fisik yang terjadi pada remaja merupakan proses yang alamiah, yang akan dilalui oleh semua individu. Namun seringkali ketidaktahuan remaja terhadap perubahan itu sendiri membuat mereka hidup dalam kegelisahan dan perasaan was-was. Ditambah dengan perubahan konsep diri dan pencarian identitas diri maka akan banyak permasalahan yang muncul jika mereka tidak dibimbing dengan baik untuk melewati masa tersebut.
Proses pencarian identitas diri tersebut harus mendapat bimbingan dari orang sekelilingnya agar mereka dapat tumbuh menjadi remaja yang bertanggung jawab.

Apakah kamu cukup mengetahui tentang remaja?

Remaja adalah individu baik perempuan maupun laki-laki yang berada pada masa/usia antara anak-anak dan dewasa. Batasan remaja dalam hal ini adalah usia 10 tahun s/d 19 tahun menurut klasifikasi World Health Organization (WHO). Sementara United Nations (UN) menyebutnya sebagai anak muda (youth) untuk usia 15-24 tahun. Ini kemudian disatukan dalam batasan kaum muda (young people) yang mencakup usia 10-24 tahun.

Mengapa remaja sering dibicarakan?

Individu pada masa tersebut akan mengalami situasi pubertas di mana ia akan mengalami perubahan yang mencolok secara fisik maupun emosional/psikologis. Secara psikologis masa remaja merupakan masa persiapan terakhir dan menentukan untuk memasuki tahapan perkembangan kepribadian selanjutnya yaitu menjadi dewasa.

Perubahan apa yang kamu alami?

Ketika kamu memasuki usia remaja, kamu akan mengalami perubahan-perubahan yang cukup menyolok dibandingkan masa sebelumnya yaitu masa anak-anak.
Perubahan tersebut meliputi perubahan fisik, baik yang bisa dilihat dari luar maupun yang tidak kelihatan. Kamu juga mengalami perubahan emosional yang kemudian tercermin dalam sikap dan tingkah lakumu.
Perkembangan kepribadian pada masa ini dipengaruhi tidak saja oleh orang tua dan lingkungan keluarga, tetapi juga lingkungan sekolah maupun teman-teman pergaulan di luar sekolah.
Disamping itu pengaruh lain yang berasal dari pesatnya kemajuan teknologi informasi baik media cetak maupun media ekektronika. Wawasan dan pengetahuan tentang hal-hal tersebut akan mempengaruhimu dalam proses mencari jati diri.

Perubahan fisik apa saja yang kamu alami?

Tubuhmu mengalami perubahan dari waktu ke waktu sejak kamu lahir. Perubahan yang cukup menyolok terjadi ketika kamu (perempuan) dan kamu (laki-laki) memasuki usia antara 9 sampai 15 tahun, pada saat itu mereka tidak hanya tumbuh menjadi lebih tinggi dan lebih besar saja, tetapi terjadi juga perubahan-perubahan di dalam tubuh yang memungkinkan untuk bereproduksi atau berketurunan.

Perubahan fisik yang terjadi padamu (perempuan)?

Memasuki usia remaja, beberapa jenis hormon/zat dalam tubuh, terutama hormon estrogen dan progesteron, mulai berperan aktif sehingga pada dirimu mulai tumbuh payudara, panggul mulai melebar dan membesar dan akan mengalami menstruasi atau haid. Di samping itu akan mulai tumbuh bulu-bulu halus di sekitar ketiak dan vagina/kemaluanmu.
Beberapa dari kamu mengalami tumbuhnya jerawat pada wajah. Dan perubahan lainnya seperti:
  • Kulit dan rambut mulai berminyak
  • Keringat bertambah banyak
  • Lengan dan tungkai kaki bertambah panjang
  • Tangan dan kaki bertambah besar
  • Tulang-tulang wajah mulai memanjang dan membesar, sehingga tidak terlihat seperti anak kecil lagi
  • Pantat berkembang lebih besar
  • Indung telur mulai membesar
  • Vagina mulai mengeluarkan cairan
Perubahan fisik yang Terjadi padamu (laki-laki)? Sama halnya dengan remaja perempuan, hormon testosteron akan membantu tumbuhnya bulu-bulu halus di sekitar ketiak, kemaluan laki-laki, janggut dan kumis, terjadi perubahan suara pada remaja laki-laki, tumbuhnya
jerawat dan mulai diproduksinya sperma yang pada waktu-waktu tertentu keluar
sebagai mimpi basah. Perubahan lain antara lain:
  • Tubuh bertambah berat dan tinggi
  • Keringat bertambah banyak
  • Kulit dan rambut mulai berminyak
  • Lengan dan tungkai kaki bertambah panjang
  • Tangan dan kaki bertambah besar
  • Tulang wajah mulai memanjang dan membesar, sehingga tidak terlihat seperti anak kecil lagi
  • Pundak dan dada bertambah besar dan bidang
  • Tumbuh jakun
  • Suara berubah menjadi berat
  • Penis dan buah zakar membesar
Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut maka kamu (laki maupun perempuan) perlu memperhatikan kebersihan tubuh secara lebih seksama.
Remaja perempuan terutama lebih memperhatikan kebersihan sekitar vagina agar tidak terjadi bau yang tidak sedap dan infeksi. Remaja laki-laki perlu secara teratur mencukur bulu-bulu disekitar wajah atau mencegah bau badan.
Perubahan fisik baik pada remaja perempuan maupun remaja laki-laki akan berhenti pada usia sekitar 20 tahun, yang berakibat pada remaja selain tubuh tidak akan bertambah tinggi, payudara tidak akan membesar lagi, dan panggul tidak akan bertambah lebar.

Perubahan emosional/Psikologis yang terjadi di antara Kamu

Selain terjadi perubahan fisik, kamu juga mengalami perubahan-perubahan emosi, pikiran, perasaan, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi. Begitu pentingnya perubahan dari masa anak ke masa remaja ini sehingga pada beberapa kelompok budaya hal ini ditandai dengan adanya upacara-upacara tertentu, misalnya pada masyarakat Jawa diadakan selamatan ketika seorang anak perempuan mendapat menstruasi yang pertama dan pada beberapa suku di Papua misalnya anak laki-laki di suruh berburu ketika ia dinyatakan memasuki masa remaja.
Datangnya menstruasi atau mimpi basah pertama tidak sama pada setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut. Salah satunya adalah karena masalah gizi. Saat ini ada seorang anak perempuan yang mendapatkan menstruasi pertama di usia 9-10 tahun. Namun pada umumnya sekitar 12 tahun.

Alat reproduksi yang perlu kamu kenali?

Alat reproduksi manusia terdiri dari alat-alat bagian luar (yang bisa dilihat) dan alat-alat yang letaknya di dalam tubuh.

Apakah kamu mengenali alat reproduksi perempuan?

Alat reproduksi perempuan bagian luar disebut vulva yang terdiri dari sepasang bibir kemaluan yang lembut, ada bibir luar dan bibir dalam. Selanjutnya ada klitoris(kelentit), lubang saluran kencing dan lubang saluran vagina. Alat reproduksi ini agak tersembunyi karena letaknya di antara paha bagian atas.
Selanjutnya alat-alat reproduksi perempuan bagian dalam antara lain terdiri dari,
Liang vagina yang nantinya dapat dipergunakan untuk bersanggama, Mulut rahim semacam pintu menuju rahim di mana nantinya bisa membuka lebar memungkinkan bayi untuk dilahirkan.
Rahim, terdiri dari otot-otot yang kuat dan merupakan semacam rongga yang luas.
Dalam keadaan tidak terisi, bentuk dan ukurannya kurang lebih hampir sama dengan buah alpukat muda. Rahim ini merupakan tempat yang elastis, di mana janin tumbuh dan berkembang sampai menjadi bayi yang siap dilahirkan.
Saluran telur, merupakan saluran yang akan dilalui telur dalam perjalanannya dari indung telur menuju rahim.
Indung telur, kedua indung telur pada kedua sisi rahim masing-masing besarnya kurang lebih seperti ukuran buah anggur. Di dalam indung telur inilah diproduksi telur. Ketika seorang bayi perempuan lahir, indung telur telah berisi 1-2 juta sel telur yang kemudian akan berkurang menjadi 300-400 ribu ketika seorang anak perempuan memasuki masa remaja. Sel telur tersebut tidak akan bisa dibuahi menjadi janin ketika perempuan berusia sekitar 50 tahun(memasuki masa menopause) karena proses degenerasi atau penuaan.

Apakah kamu mengenali alat reproduksi pria?

Alat reproduksi bagian luar yang dapat dilihat adalah penis dan buah zakar. Alat-alat ini terletak di antara pangkal paha, lebih mudah dilihat daripada alat reproduksi perempuan yang letaknya lebih tersembunyi.
Buah zakar. Buah zakar terdiri dari kantung zakar yang terbuat dari kulit yang halus dan berkeriput dimana di dalamnya terdapat sepasang testis.
Penis. Penis terbuat dari jaringan spons yang lembut dan sel-sel darah(blood vessels). Air kencing keluar dari tubuh laki-laki melalui lubang kecil yang terletak di ujung kepala penis. Ketika bayi laki laki lahir penis diselubungi oleh semacam kulit luar yang longgar. Untuk tujuan kebersihan dan kesehatan kelebihan kulit yang menutupi penis dipotong(disunat) kira-kira 1-1,5 sentimeter sehingga penis mudah dibersihkan. Alat reproduksi laki-laki yang tidak terlihat terdiri dari testis (buah zakar) tempat di mana diproduksi sperma.
Setiap hari diproduksi 100-300 juta Sperma.

Bagaimana menstruasi terjadi?

Secara berkala sel telur yang sudah matang akan dikeluarkan dari indung telur. Sel telur ini akan bergerak melalui saluran telur menuju rahim. Sementara itu rahim secara berkala akan mengalami penebalan pada dinding-dindingnya sehingga jika diperlukan ia akan siap menerima hasil konsepsi(pembuahan).
Jika sel telur tidak bertemu dengan sperma yang berarti ia tidak terbuahi maka sel telur dan seluruh jaringan yang terbentuk pada dinding rahim akan rontok(luruh), dikeluarkan dari rahim sebagai menstruasi (haid). Remaja perempuan perlu memperhatikan kebersihan selama masa menstruasi ini yang kurang lebih berlangsung 4-7 hari ini, mengganti pembalut setiap kali buang air kecil atau minimal menggantinya tiga kali sehari.
Pembalut wanita bisa diperoleh dengan cara membeli di toko atau di warung. Umumnya dalam keadaan terbungkus yang terjamin kebersihannya.
Pembalut bisa juga dibuat sendiri dari kain yang kemudian dilipat menjadi semacam popok. Dalam hal ini yang perlu diingat dan dijaga, pembalut buatan ini dicuci bersih dan dijemur hingga kering betul sebelum dipakai kembali.
Pembalut yang dicuci dengan air yang kurang bersih dan digunakan dalam keadaan lembab akan memudahkan terjadinya penyakit yang tidak diinginkan.
Pada masa sekitar menstruasi, menjelang dan sesudah menstruasi sebagian remaja perempuan diliputi suasana yang tidak menentu dan juga perasaan yang kurang nyaman atau terasa sakit di sekitar bawah pusar. Hal in bisa saja membuat seorang perempuan menjadi cepat lelah dan mudah tersinggung perasaannya.

Bagaimana mimpi basah dan onani/masturbasi terjadi?

Seperti disinggung diatas, remaja laki-laki memproduksi sperma setiap harinya. Sperma tidak selalu harus dikeluarkan, dalam hal ini ia akan diserap oleh tubuh dan dikeluarkan melalui cairan keringat, kotoran cair dan kotoran padat. Sperma bisa dikeluarkan melalui proses yang disebut ejakulasi, yaitu keluarnya sperma melalui penis. Ejakulasi bisa terjadi secara alami (tidak disadari oleh remaja laki-laki) melalui mimpi basah.
Keluarnya sperma bisa juga terjadi melalui rangsangan yang dilakukan oleh remaja laki-laki terhadap alat Kelaminya.hal ini yang disebut mansturbasi atau onani.
Masturbasi adalah menyentuh, menggosok dan meraba bagian tubuh yang peka yang menimbulkan rasa menyenangkan (body sex organ) untuk mendapat kepuasan (orgasm).
Masturbasi lebih sering dilakukan oleh remaja laki-laki, tetapi bisa juga dilakukan oleh remaja perempuan. Misalnya laki-laki melakukan masturbasi dengan meraba penisnya, remaja perempuan menyentuh klitorisnya hingga dapat menimbulkan perasaan yang sangat menyenangkan atau bisa timbul ejakulasi pada remaja laki-laki.
Secara medis masturbasi tidak akan mengganggu kesehatan, hanya saja secara psikologis jika hal ini sering dilakukan akan menyebabkan terganggunya konsentrasi pada remaja tertentu. Pada remaja yang mempunyai perasaan keagamaan yang kuat, bisa menimbulkan rasa bersalah dan rasa rendah diri karena
Melakukan hal-hal yang tidak disetujui oleh Agama dan nilai-nilai budaya.

Kamu tidak akan hamil jika melakukan hubungan seks hanya satu kali?

Pertanyaan di atas sering dilontarkan oleh para remaja termasuk juga oleh mereka yang telah menikah. Tentu saja perempuan dapat hamil walaupun hanya melakukan hubungan seks satu kali saja dengan catatan bahwa hubungan seks itu dilakukan pada saat masa subur dan kedua-duanya memiliki alat dan system reproduksi yang baik ( tidak mandul ).

Kapan Masa Subur Terjadi?

Masa subur adalah masa dimana terjadinya pelepasan sel telur pada wanita. Titik puncak kesuburan terjadi pada hari ke 14 sebelum masa menstruasi berikutnya. Tetapi tanggal menstruasi berikutnya seringkali tidak pasti pada remaja. Biasanya diambil perkiraan masa subur 3-5 hari sebelum dan sesudah hari ke 14 tersebut.
Pada masa remaja pencegahan kehamilan dengan tidak melakukan hubungan seksual pada masa subur, tidak dapat diandalkan. Ini disebabkan siklus menstruasi pada remaja wanita biasanya tidak teratur.

Aspek kesehatan penting yang perlu diperhatikan olehmu (perempuan)

Kamu-kamu (perempuan) nantinya akan hamil dan melahirkan. Perhatikan kesehatanmu terutama kesehatan yang berkaitan dengan proses Reproduksimu. Dalam hal ini kamu harus memperhatikan masalah anemia atau sering disebut dengan penyakit kurang darah.
Anemia masih banyak diderita oleh perempuan Indonesia. Pada tahun 1995, berdasarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT), sekitar 57% anak perempuan (10-14 tahun) dan 39.5% perempuan (15-45 tahun) diketahui menderita anemia. Keadaan tersebut nampaknya tidak mengalami banyak perubahan apalagi negara kita sedang dalam krisi ekonomi. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan R.I pada tahun 1998/99 di 2 propinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur yang meliputi 10 Kabupaten menemukan bahwa sekitar 82% remajaputri mengalami anemia (Hb < 12 gr %) dan sekitar 70% calon pengantin wanita juga mengalami hal yang sama. Sampel dalam penelitian tersebut adalah 238 remaja putri dan 180 calon pengantin wanita.
Anemia terjadi karena kurangnya zat besi dan asam folat dalam tubuh. Perempuan yang menderita anemia berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah (kurang dari 2.5 kg). Di samping itu, anemia dapat mengakibatkan kematian baik ibu maupun bayi pada waktu proses persalinan.

Bagaimana mengetahui kalau kamu mengalami anemia

Anemia atau kurang darah tidak sama dengan darah rendah. Secara medis jika kamu ingin mengetahui kalau kamu menderita anemia adalah dengan melakukan pemeriksaan haemoglobin darah (Hb). Namun secara sederhana tanda-tanda anemia dapat dilihat dari: mudah lelah, muka pucat, tidak Bersemangat.mudah mengantuk,dan mudah pusing.

Mengapa perempuan lebih rentan terhadap anemia dibanding dengan laki-laki

Kebutuhan zat besi pada perempuan adalah 3 kali lebih besar daripada pada laki-laki. Perempuan setiap bulan mengalami menstruasi yang secara otomatis mengeluarkan darah. Itulah sebabnya perempuan membutuhkan zat besi untuk mengembalikan kondisi tubuhnya kekeadaan semula. Hal tersebut tidak terjadi pada laki-laki.
Demikian pula pada waktu kehamilan, kebutuhan akan zat besi meningkat 3 kali dibanding dengan pada waktu sebelum kehamilan. Ini berkaitan dengan kebutuhan perkembangan janin yang dikandungnya.

Faktor yang menyebabkan tingginya anemia di kalangan perempuan

Beberapa faktor kebiasaan dan sosial budaya turut memperburuk kondisi anemia di kalangan perempuan Indonesia:
  • Kurang mengkonsumsi bahan makanan hewani
  • Kebiasaan diet untuk mengurangi berat badan
  • Budaya atau kebiasaan di keluarga sering menomor duakan perempuan dalam hal makanan
  • Pantangan tertentu yang tidak jelas kebenarannya seperti perempuan hamil jangan makan ikan karena bayinya akan bau amis
  • Kemiskinan yang menyebabkan mereka tidak mampu mengkonsumsi makanan bergizi.

Apa yang perlu dilakukan agar kamu terhindar dari anemia

Mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi tidak harus makanan mahal. Mintalah saran pada petugas kesehatan mengenai makanan yang ada di sekitar tempat tinggalmu yang baik untuk dikonsumsi agar kamu terhindar dari anemia.
Kamu juga dapat mengkonsumsi tablet besi atau di banyak tempat dikenal dengan tablet tambah darah. Perhatikan dosis dan aturan minum yang dianjurkan sehingga tidak berdampak negatif bagi kesehatanmu. 

repost dari http://methexxx.blog.friendster.com/2006/07/tumbuh-kembang-remaja/ 

No comments:

Post a Comment