Tuesday, March 23, 2010

Fungsi Hosting


Bila ingin mengonlinekan suatu website maka diperlukan domain dan hosting.

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan setiap orang menempatkan informasi di internet. Bisa dikatakan bentuk dari server ini adalah sebuah komputer yang akan selalu nyala selama 24 jam sehari.

Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.

Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Bila diibaratkan dengan toko di dunia offline, domain itu adalah nama toko dan hosting itu adalah tempat tokonya. Bila toko tersebut ingin bisa diakses maka nama daan tempat harus dipadukan. Begitu juga dengan alamat website, bila ingin bisa diakses online maka domain dan hostingnya harus dipadukan.

Jadi kesimpulannya, fungsi hosting adalah digunakan untuk menyimpan segala file yang dapat digunakan sepanjang waktu karena sifat komputer hosting yang selalu menyala dan dapat diakses dari mana saja, seperti sebuah website.

11 coment:

  1. Semoga bermanfaat definisi fungsi hosting ini

    ReplyDelete
  2. ditunggu kunjungan balinya gan :)
    http://bekti-galan.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. BAru tahu apa itu fungsi hosting dr artikel ini .. sangat membantu

    ReplyDelete
  4. saya ingin menanyakan kekurangan,kelebihan dan fungsinya dari web hosting dan vps hosting ne sob.
    di tunggu replynya..

    ReplyDelete