Sunday, March 28, 2010

Bandwidth Limit Exceeded


Mungkin kita pernah mengalami suatu kejadian dimana ketika kita mengunjungi situs favorit kita tiba-tiba muncul pesan "Bandwidth Limit Exceeded". Apakah maksud dari pesan ini?

Sebuah situs biasanya dibangun pasa sebuah jasa hosting, dimana untuk bisa online, situs paling tidak harus memiliki 2 hal, yakni alamat (domain) dan tempat menyimpan file-file situs (hosting).

Untuk alamat (domain) seperti yang kita kenal misalnya google.com merupakan rangkaian huruf-huruf yang dibuat sedemikian rupa agar mudah dihafal oleh manusia, karena sejatinya alamat sebuah situs berupa IP atau angka-angka seperti 66.102.7.99 untuk IP dari google.com sehingga dengan menggunakan rangkaian huruf-huruf maka akan lebih mudah dikenali dan dihafal dari pada kita menghafal angka-angka. Domain ini perlu didaftarkan dan biasanya sewa minimal sebuah domain adalah 1 tahun.

Sementara file-file sebuah situs disimpan dalam sebuah hosting yang bisa dijelaskan sebagai sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan internet yang selalu menyala setiap waktu agar bisa diakses setiap waktu. Sebuah hosting yang bisa disewakan dalam waktu minimal 1 bulan, biasanya memiliki ketentuan tertentu untuk menjadi harga penawaran sewa hosting tersebut. Sebuah hosting biasanya disewakan dalam ketentuan berapa besar kapasitas hardisk yang disewakan dan berapa besar data yang dapat dilewati dalam sebulan untuk hosting tersebut. Yang terakhir itulah yang dinamakan bandwidth.

Bisa kita contohkan seperti ini; sebuah hosting disewakan dengan ketentuan kapasitas hardisk 1 MB dan bandwidth 100 MB. Maka dalam kasus ini kita dapat menyimpan file-file situs kita (bagi pemilik situs) maksimal dengan ukuran 1 MB (total keseluruhan).

Sedangkan bandwidth diukur dengan banyaknya data yang lewat (baik upload maupun download) atas file-file situs tersebut (dimana sesungguhnya ketika seorang pengunjung sebuah situs adalah merupakan kegiatan download file-file sebuah situs pada browser) yang dihitung akumulatif selama sebulan.

Jadi Bandwidth Limit Exceeded terjadi bila lalu-lintas data (file) melebihi kontrak sewa dengan pemilik hosting selama sebulan (biasanya). Solusi dari masalah tersebut (bagi pemilik situs) adalah dengan menyewa hosting pada perusahaan hosting yang memberikan layanan unlimited bandwidth. (sekarang telah ada)

1 coment:

  1. coba aja kunjungi www.tophostingmurah.com
    kami menyediakan bandwidth : unlimited dengan diskspace 200Mb cuma Rp 5.000/bln

    ReplyDelete