Wednesday, February 17, 2010

Menggunakan OpenDNS pada Speedy (IP public dinamis)

Sedikit tip bagi pelanggan Speedy yang tertarik menggunakan Open DNS untuk melindungi jaringannya, yakni gunakan cara-cara berikut ini untuk konfigurasi Open DNS anda.

Tips ini berguna bila anda sering mematikan dan menyalakan modem anda (tidak selalu nyala) sehingga otomatis IP public anda akan berubah, sehingga fungsi Open DNS yang hanya mengenali jaringan anda ketika mendaftar tidak dapat melindungi jaringan anda yang berubah-ubah IP publiknya.

Seperti yang terjadi pada sekolah kami, dimana modem setiap malam dimatikan, maka IP publik selalu berubah dari speedy, sehingga Open DNS tidak berfungsi. Ketika kita masuk Control Panel Open DNS maka akan terlihat seperti di bawah ini.
Atau seperti di bawah ini. Kita memiliki IP yang berbeda sehingga perlu meng-update data pada account Open DNS kita dengan klik green icon (ikon hijau) seperti ikon refresh.
Ada cara yang lebih praktis lagi agar anda tidak selalu masuk kontrol panel Open DNS untuk mengfungsikan Open DNS, Download software OpenDNS Updater pada bagian bawah kontrol panel tersebut. Tersedian untuk Windows dan Mac OS-X

Disini saya download OpenDNS Updater versi 2.2. lalu kita jalankan
klik Run untuk instalasi
Pilih install
Setelah instalasi selesai, pilih finish
Untuk memulai menggunakan software ini, isikan username dan password seperti yang telah didaftarkan pada OpenDNS
Software ini akan aktif setiap komputer dinyalakan. Disarankan diinstal pada komputer utama pada jaringan anda yang bisa membantu update otomatis jaringan anda pada OpenDNS untuk melindungi jaringan anda.

Semoga tips ini bermanfaat, ^_^

No comments:

Post a Comment