Friday, November 13, 2009

BSF menjadi ESF

Bangulma Scholarship Foundation (BSF) didirikan di Belanda dan terdaftar pada Kamar Dagang Amsterdam No. 34122164 pada tanggal 29 Agustus 1999.

Visi dari pendirian BSF adalah Penyedia Fasilitas untuk anak - anak miskin namun berprestasi.

BSF menyediakan bantuan beasiswa 100% kepada anak - anak yang telah lulus seleksi sejak anak tersebut mengenyam pendidikan Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Nama Bangulma Scholarship Foundation adalah singkatan dari :
BAN : Bantuan
GUL : Guliker - nama keluarga pemilik ide mulia ini
MA : Kota Malang, yang merupakan kota pertama dan pusat dari BSF Indonesia

BSF adalah suatu Yayasan Independen kecil dan tidak berniat mengembangkan yayasan melalui promosi dalam skala besar. Pendapatan Yayasan ini sepenuhnya bergantung pada donasi orang tua asuh, para sponsor dan para donatur. Yayasan ini tidak menerima segala bentuk subsidi pemerintah, lembaga sub-pemerintah, partai politik maupun lembaga keagamaan. BSF tidak membuat perbedaan antara agama, ras atau warna kulit bagi penerima beasiswanya maupun pengurusnya.

Untuk memperlancar jalannya organisasi BSF di Belanda, maka dibentuklah BSF Trust Fund Indonesia pada tanggal 16 Desember 2002 di Malang, dan terdaftar pada Pengadilan Negeri Malang dengan No. 61/YYS/2002.

Yayasan BSF Trust Fund Indonesia, diminta oleh pemerintah Indonesia dan penegak hukum untuk "mengolah" BSF Belanda di Malang, Indonesia.
Kedua yayasan tersebut (BSF Belanda dan BSF Trust Fund Indonesia) diminta untuk membuat penggabungan yang transparan dan terkendali yang "tidak dapat dan tidak akan berfungsi tanpa kehadiran salah satunya".

BSF Trust Fund Indonesia didirikan dan disponsori oleh keluarga Guliker dan beroperasi di bawah aturan yang dibuat sama dengan tujuan, cita-cita dan aturan BSF Belanda di Belanda.

Secara hirarkinya BSF Trust Fund Indonesia beroperasi di bawah kewenangan sah para pendirinya dan oleh karena itu secara praktisnya dilindungi oleh dewan BSF di Belanda.BSF di Belanda ada untuk melindungi donasi dari para orang tua asuh dan para sponsor. Dana ini hanya dibayarkan untuk biaya pendidikan. Ada jaminan solid bagi orang tua asuh, bahwa dana tersebut 100% akan digunakan untuk tujuan tersebut, dan tidak ada biaya lain yang akan dibayarkan dari donasi mereka.

Jaminan ini juga diberikan pada semua donasi yang diberikan dengan tujuan eksklusif untuk mendanai pendidikan anak di masa yang akan datang (tabungan). Donasi berupa uang di Bank Belanda berada di bawah pengawasan dewan BSF di Belanda diwakili oleh bendahara BSF di Belanda.

BSF Trust Fund Indonesia mengendalikan dan mengatur dana berupa uang dari orang tua asuh yang berasal dari luar Indonesia. Seluruh uang orang tua asuh disalurkan langsung ke sekolah - sekolah anak asuh. Tidak ada orang tua anak asuh di Indonesia yang menerima uang secara tunai dari BSF Trust Fund Indonesia.

Sedangkan dana yang digunakan untuk semua pemanfaatan dan pencarian dana cadangan serta operasional di Indonesia didapat dari para Sponsor yang peduli terhadap karya sosial ini. Sebuah organisasi seperti BSF harus memiliki dana operasional untuk memenuhi tugas mereka terhadap anak-anak secara profesional.

Ide para pendiri dibalik pendirian BSF Trust Fund Indonesia adalah untuk lebih mandiri secara finansial dan keamanan organisasi BSF yang sah di Indonesia. Hal ini adalah jaminan ekstra untuk dapat melanjutkan program-program BSF untuk beberapa tahun ke depan.


Sekarang BSF telah berubah nama menjadi ESF.


No comments:

Post a Comment