Sunday, August 30, 2009

Optimalisasi Joomla untuk SEO

Pasti jengkel banget ketika kita memiliki beberapa website yang tujuannya sama yang bisa juga hanya berupa mirror, tetapi kita pengen memiliki website dengan domain utama yang ternyata dalam pencarian google berada di bawah website mirror kita.

Misalnya yang kualami pada web sekolahku SMP Darush Sholihin yang memang ku hosting gratis pada webhost, sehingga aku juga perlu backup pada hosting gratis lain bila suatu saat terjadi sesuatu. Biasa lah, yang berbayar aja kadang bermasalah, apalagi yang gratis.

Sekolah memiliki web utama pada domain smpds-btu.sch.id dengan beberapa mirror pada darush.org dan beberapa sub domain gratis lain seperti smp-ds.isgreat.org. Tapi alangkah kecewanya ketika aku mencoba mencari di google dengan kata kunci SMP Darush Sholihin.

Ternyata posisi teratas malah web yang berdomain darush.org yang kubangun menggunakan web builder. dan belum pernah ku-update. Trus yang kedua malah web directori tempat aku nitip link. kotabatu.web.id. Haduh makin para. smp-ds.isgreat.org menempati urutan ke-3, sedangkan urutan ke-4 ditempati wikimapia, dimana aku pernah menandai gedung SMP Darush Sholihin di wikimapia.

Sedangkan web yang kuinginkan smpds-btu.sch.id yang pakai joomla 1.0.x malah berada pada urutan terbawah dari tampilan itu, yang ke-5. parah banget, hiks6.

Lalu aku cari referensi optimalisasi seo kesana-sini, eh ada suatu cara tak coba.
1. konfigurasi SEO dihidupkan pada global configuration, dengan merubah htaccess.txt menjadi .htaccess, tapi ternyata susah juga


2. Masih di global configuration memberikan nilai global meta keyword dan global site meta description dengan teks SMP Darush Sholihin Batu, karena sebelumnya di google waktu menampilkan link smpds-btu.sch.id malah yang keluar "Joomla bla-bla-bla ..." Payah bener aku baru tau ini.


3. Ini yang penting dan ternyata sering kulewatkan, memberi nilai meta data pada setiap posting dengan keyword yang sesui. Jadi kuisi semua keyword postingan joomlaku dengan SMP Darush Sholihin





Nah, akhirnya setelah 3 hari kulakukan perubahan itu, sekarang ketika ku ketik SMP Darush Sholihin pada google, maka muncullah web yang kuinginkan berada pada posisi pertama, he6.



4 coment:

  1. Mantep mas,

    salam kenal & sukses
    Radinal
    www.adjeblog.com

    ReplyDelete
  2. Hebat mas.. saya juga pake joomla versi 1.0.x, & sekarang lagi cari komponen buat facebook share & fanspage kok susah ya..

    http://endanesia.com

    ReplyDelete
  3. Masalahnya pengembang lebih banyak yang tertarik sama Joomla 1.5.x tapi coba saja cari terus di Joomla.Org

    ReplyDelete