Thursday, July 9, 2009

Komponen Akreditasi 2009

Berdasarkan atas info yang kami dapatkan pada akhmadsudrajat.wordpress.com dan http://ban-sm.or.id/, ada perubahan atas pelaksanaan akreditasi sekolah mulai tahun 2009 ini. Berikut pernyataan beliau:

  1. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan Akreditasi SMP-MTs tahun 2009 sangat berbeda dengan instrumen yang digunakan pada kegiatan akreditasi SMP-MTs sebelumnya. Instrumen akreditasi SMP-MTs tahun 2009 ini terdiri dari 8 komponen dan butir-butir pernyatan (item) dikembangkan dengan merujuk pada Standar Nasional Pendidikan (Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005). Sedangkan instrumen akreditasi SMP-MTs sebelumnya terdiri dari 9 komponen dan butir-butir pernyatan (item) dikembangkan dengan mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM).
  2. Instrumen Akreditasi SMP-MTs Tahun 2009 dirancang dalam bentuk skala, terdiri dari 169 item dengan 5 (lima) opsi jawaban (A=4, B=3, C=2, D=1 dan E=0). Instrumen Akreditasi SMP-MTs sebelumnya menggunakan opsi jawaban dikhotomi (YA=1 dan TIDAK=0). Meski dirancang dalam bentuk skala, tetapi instrumen ini tidak sepenuhnya menggunakan pendekatan kuantitatif (objektif). Beberapa butir pernyataan tertentu tampaknya lebih cenderung bersifat kualitatif (subyektif), sehingga menuntut pemahaman dan kecermatan yang mendalam dari pihak sekolah maupun asesor dalam menentukan pilihan jawabannya.
  3. Dalam beberapa item tertentu, untuk memperoleh skor maksimum (A atau 4) tampaknya akan menjadi kesulitan tersendiri bagi sekolah, mengingat rambu-rambunya sudah ditentukan secara jelas, dengan ekspektasi mutu dan standar yang tinggi.
  4. Terakhir dan yang paling penting menurut hemat saya, bahwa dalam kegiatan Akreditasi SMP-MTs Tahun 2009 ini tercerminkan semangat untuk meningkatkan kelayakan dan mutu pendidikan di Indonesia.
Jadi penting bagi sekolah-sekolah yang akan melaksanakan akreditasi untuk secepatnya menyesuaikan.

Download komponen akreditasi sekolah di sini

wrapper webnya ada di bawah ini



No comments:

Post a Comment