Thursday, April 16, 2009

Speedy 1Mbps

Menjadi pertanyaan besar kita, benarkah Speedy kita memberikan bandwith 1 Mbps kepada kita?

Saya mencoba mencari jawaban untuk hal tersebut, dan ternyata hal tersebut hanya berlaku untuk keadaan tertentu.

Bila kita mendownload dari server lain, maka bandwith yang kita dapatkan hanyalah sebesar 512 Kbps, tidak sebesar 1 Mbps. Tapi bila secara bersamaan kita mendownload dari server speedy, misalkan kita mendownload update wikispeedy, barulah gabungan keduanya memberikan kita bandwith 1 Gbps. Seperti terlihat pada gambar di bawah.

Gambar di bawah ini menunjukkan tampilan DAP dalam mendownload 2 buah file yang berbeda. yang satu saya mencoba download file film pada indowebster dengan bandwith yang kita dapat 512 Kbps atau setara dengan sekitar 47 KBps. Bersamaan dengan itu, saya mendownload update debian untuk repro ubuntu pada server speedy, maka saya mendapatkan bandwith sebesar hampir sama yakni 52 KBps.

Tetapi ketika download pada indowebster selesai, maka speedy hanya memberikan bandwith kira-kira sebesar 700 Kbps untuk download pada server speedy sendiri. Seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.

Jadi bisa saya simpulkan bandwith speedy sebagai berikut (pada speedy kuota 15 jam) mengingat adanya program speedy yang baru (ada 7 paket), tapi belum berlaku di seluruh Indonesia, kesimpulannya adalah:
- bandwith dari server luar maksimal 512 Kbps
- bandwith dari server lokal (speedy) maksimal 700 Kbps
- bandwith maksimal gabungan keduanya sebesar 1 Mbps

Semoga informasi ini bermanfaat, dan perlu diperhatikan juga, kadang-kadang speedy memberikan bandwith server luar 1 Kbps, tapi sangat jarang sekali. Sukses Selalu

No comments:

Post a Comment