Saturday, April 12, 2008

Intalasi winamp pada IGOS

Sebenarnya pada intinya ingin menikmati mp3 dengan menggunakan operating sistem IGOS, agar enak menggunakan IGOS, karena perangkat lunak pemutar lagu bawaan IGOS tidak dapat memutar lagu-lagu yang berformatkan mp3. Maka setelah muter-muter dengan bimbingan mbah Google akhirnya tak temukan software yang dapat diinstal di Linux untuk memutar mp3 yakni XMMS.

Tapi masalah tidak selesai di situ, untuk instalasi MMS masih diperlukan gtk/glib 1.2.2 atau yang lebih bagus (baca di readme-nya. Setelah musti muter-muter lagi ama mbah Google akhirnya aku cuma menemukan gtk+-2.12.9.tar.gz tapi ternyata instalasinya juga gakmudah, masih ruwet, ato aku mingkin juga masih keliru.

Akhirnya ada sedikit solusi dengan memakai wine. Wine adalah software yang katanya bisa melakukan instalasi software under-Windows pada Linux, tapi ya itu, karena masalahnya Linux punya distro buanyak, maka macam-macam wine pun ada di dunia maya.

Dengan sedikit pengetahuan karena memang baru sebulan mengguakan Linux (IGOS dan Ubuntu) maka aku mencoba memahaminya bahwa keduanya beda terutama mungkin untuk paket instalasi. Kalo yang sejenis Ubuntu bagusnya memakai paket instalasi *.deb (debian) kalo IGOS kalau aku gak salah menggunakanpaket instalsi *.rpm karena kalau gak salah masih turunannya Red Hat. Dan akhirnya aku putuskan mendownload wine-0.9.59-mdv2006.i586.rpm yang sebenarnya untuk mandriva.

Agak lucu memang aku menggunaknnya, karena masih pemula pada Linux, jadi setelah file tersebut diextract, lalu aku copy masing-masing file menuju foldernya. Karena ketika meng-extract file tersebut maka menjadi folder usr dan setiap file dicopykan pada folder yang sama pada root. Berbeda ketika menginstal wine di Ubuntu, karena kebetulan aku dapat wine_0.9.58~winehq0~ubuntu~7.04-1_i386.deb yang memang untuk Ubuntu. Lha kalau untuk IGOS? makanya aku pakai cara itu.

Setelah semua file tercopy (boleh disebut terinstal gak?) pada folder yang sama, maka tinggal menginstal winamp. Pertama menuju folder tempat winamp berada pada terminal (cmd-nya Linux). Contoh:

cd /mnt/DATA/Software/Audio\ dan\ Video

setelah itu menginstal winamp dengan perintah

wine winamp535_full_emusic-7plus.exe

maka akan muncul tampilan persis kalau kita instalasi winamp pada Windows.


Jangan lupa, pada saat proses Choose Install Location sebaiknya anda ganti, karena default Winamp untuk Windows maka akan otomatis menuju danmembuat Folder pada C:\Program Files\Winamp tapi ini kan di IGOS? maka kita pilih aja dengan browse pada root (atau Z:\usr\local\share\Winamp) agar mudah kita jelajahi nantinya. Karena di IGOS (Linux yg lain) gak ada C:\ kan?




Setelah selesai, kita telah dapat menggunakan Winamp untuk memutar lagu-lagu favorit kita di IGOS, cuma sampai di sini saya belum mengetahui bedanya dengan apabila telah terinstal XMMS. Tapi silahkan mencoba. Sukses Selalu.

2 coment:

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/intalasi_winamp_pada_igos/

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat bagus, hal ini tentu kita bisa lakukan juga kalau mau menginstal driver maupun macam - macam software yang notabene sebagian besar under windows.....
    Thanks for the article

    ReplyDelete