Friday, March 7, 2008

Berhitung dengan billing Speedy

Tips ringan ini mencoba untuk membantu teman-teman yang menggunakan Speedy untuk dapat mengetahui kenyataan pemakaian Speedy kita. Mungkin kita memerlukan informasi "Berapa Bandwith Rata-rata Speedy kita?" atau pertanyaan semacam "Apakah kita lebih baik memakai Speedy Personal ataukah perlu Migrasi Speedy time Based?". Karena pada kenyataannya meskipun banyak keluhan atas layanan Speedy, tapi menurut perhitungan, Speedy masih lumayan "cepat".

Tapi "kecepatan Speedy" itulah yang musti kita perhatikan sebagai pertimbangan pemilihan layanan Speedy Personal atau Time Based, sekali lagi, tergantung kebutuhan. Patokan kita adalah, kalo kita memang lebih cenderung download, pakailah Speedy time based, tapi kalau "hanya" browsing ya pakai personal lebih menguntungkan.



Seperti pernah dijelaskan pada postingan sebelumnya, maka patokannya adalah bandwith Speedy itu sendiri. Sebagai acuan untuk kesamaan layanan keduanya adalah Bandwith Speedy rata-rata sebesar 20 MB/jam akan menghasilkan biaya yang sama atas kedua layanan tersebut. Contoh untuk Speedy Personal dengan Bandwith tsb akan menghasilkan 50 jam pemakaian untuk kuota 1.000 MB sama persis dengan kuota Speedy time based.

Terus berapakah bandwith Speedy yang kita pakai? kita bisa menghitung sendiri dengan menggunakann Billing Speedy yg dapat kita download pada portaltelkomspeedy tentu saja login dulu. Ambil file excel lalu kira2 rumusnya seperti ini:

  1. Cell H3 =Right(B3;8) --> untuk mengambil teks jam awal pemakaian internet (B3 = cell awal pemakaian)
  2. Cell I 3 = Right(C3;8) --> untuk mengambil teks jam akhir pemakaian internet (C3 = cell akhir pemakaian)
  3. Cell J3 =I3-J3 --> menghitung lama pemakaian
  4. Cell K3 =HOUR(J3) --> mengambil jam
  5. Cell L3 =MINUTE(J3) --> mengambil menit
  6. Cell M3 =L3/60 --> konversi menit ke ukuran jam
  7. Cell N3 =K3+M3 --> menjumlah pemakaian dalam ukuran jam (basis 10, misal untuk 1 jam 30 menit dibaca 1,5 jam)
  8. Cell O3 =G3/(1024*1024*N3) --> Menghitung bandwith MB/jam
  9. Cell P3 =G3*8 --> merubah ukuran Byte ke bit
  10. Cell Q3 =N3*3600 --> merubah ukuran jam ke detik
  11. Cell R3 =P3/(1024*Q3) --> menghitung bandwith kbps

Sekarang anda bisa menghitung total jam pemakaian Speedy Peresonal anda apakah lebih dari 50 jam atau kurang, kalau lebih, berarti anda masih bisa menggunakan Speedy personal anda, tapi kalau kuota 1000 MB anda hanya digunakan kurang dari 50 jam, anda harus berpikir kembali untuk segera Migrasi ke Time Based. Tentu anda bisa melihat rata-rata bandwith Speedy anda, apakah kurang dari 20 MB/jam ataukah lebih?

Tips ringan setingkat "pelajaran smp" ini semoga bermanfaat. SUKSES SELALU.

No comments:

Post a Comment