Thursday, February 7, 2008

Java dengan IGOS

Belajar java emang tidak mudah, apalagi kalau dosen kita tidak mendukung (semacam jarang mengajar) maka kita harus belajar sendiri. Kesulitan datang lagi ketika kita memakai modul jeni, dimana modul tersebut ber-platform sistem operasi Ubuntu dengan menggunakan net-beans.

Pengalaman teman kami, untuk menggunakan platform itu, platform hardware juga cukup tinggi. Menjalankan Netbeans di Windows bisa memakan memory 1 Giga.

Sementara dengan spesifikasi komputer yang terbatas, semacam pentium III dan memory hanya 128 MB, dan VGA hanya 16(MB atau KB ya? aku lupa), untuk instalasi Netbeans jelas tidak mungkin, untuk Ubuntu juga masih kurang, "Walah Gubrag".

Maka dari itu, di windows mahasiswa biasanya memakai Gel. Untuk operating sistem, mungkin kita pantas memakai IGOS, "buatan" anak negri, kalo bukankita yang makai? terus siapa?

Maka saya coba pada IGOS saya, tapi masih perlu saran dari temen-temen sekalian tentunya. Di IGOS hampir sama dengan Ubuntu (saya kira), saya mencoba mengikuti petunjuk buku (modul jeni). Ada gedit (semacam notepad di windows) yang bisa kita gunakan membuat sintaksnya. Kalau tidak salah letaknya pada Aplikasi, perangkat kantor, pengelola teks (sepertinya salah, maaf saya lupa).

Saya mencoba mengetik program sederhana pada aplikasi tersebut, lalu dikasih nama file Hello.java

Setelah disimpan dengan extensi java, maka tulisan akan "berwarna-warni" menandakan bahwa tulisan tersebut adalah bahasa pemrograman java (mungkin, he5)

Lalu saya membuka terminal pada IGOS yang berada pada Aplikasi, lalu accessories (kalau gak salah, he5)

Lalu saya lakukan perintah ls, semacam dir pada commad DOS windows, muncul isi dari root. Dimana salah satunya terdapat file Hello.java

Tetapi sayangnya pada IGOS yang saya miliki tidak bisa melakukan compile seperti di buku, semacam perintah javac Hello, karena dibuku pakai ubuntu, lha ini kan IGOS. Apakah yang perlu dilakukan agar bisa meng-compile melalui terminal IGOS?

Tapi saya coba untuk menyalin file class dari flash disk ke root, dan saya berencana menjalankannya melalui terminal IGOS, Setelah saya salin, lalu masuk terminal, dan ls lagi hasilnya file class java yang berwarna hijau

Lalu saya coba menjalankan java class dengan perintah seperti di buku, misal java Hello, tuh bisa dijalankan, pakai input juga bisa, pakai java Input1, juga bisa input. Yang jadi masalah bagaimanakah kita meng-compile file java kita di IGOS? anda bisa membantu?

1 coment:

  1. Gimana sudah bisa kompilasi? Yang jelas untuk mengkompilasi diperlukan SDK (software development kit) dari Java. Kalau itu belum terinstall tentu belum bisa.
    Coba install dulu paket sun-java6-jdk. Kemudian tes ketik melalui terminal: javac
    Jika muncul option, maka instalasi sukses.
    Kunjungi juga blogku, banyak tutorial tentang Java.

    ReplyDelete