Wednesday, November 21, 2007

Alpro with Jeni

Alpro with Jeni? apa tuh? He5, itu cuma istilah ngarang aja, maksudnya adalah algoritma dengan java. Wah tambah ruwet lagi. Jadi begini ceritanya.

Udah diketahui, bahwa kami adalah mahasiswa baru di D3TKJ Malang Joint Campus. Lha, begini, kita dapat mata kuliah Algoritma Pemrograman (Alpro), kita dalam waktu yang sama juga mendapat mata kuliah Pemrograma Java (JENI). Trus masalahnya dimana?

Oke, sebenarnya tidak ada masalah, hanya saja, untuk kami-kami yang baru mengenal bahasa pemrograman ini, apalagi dengan jam perkuliahan yang sangat minim, kami rasa sangat tidak efektif kalo dalam Algoritma Pemrograman kita juga secara tidak langsung memakai bahasa C++ dalam penjabaran algoritmanya.

Maksudnya begini, alangkah lebih efektifnya bila dalam Algoritma Pemrograman sekalian kita juga belajar bahasa java dengan JENI. Kenapa? ya, itu tadi, karena kita baru mengerti bahasa pemrograman. Memang sih, tidak ada salahnya kalo belajar 2 bahasa pemrograman sekaligus (ilmu kita lebih banya). Tapi perlu diingat, dalam perkuliahan yang "istimewa" ini, dengan kemampuan kita yang terbatas, dan kesibukan dengan institusi, alhasil, akan lebih efektif kalo kita belajar Alpro dengan menggunakan java.

Itu sih pendapat kami pribadi, karena target kita kan lebih ke JENI, meski bahasa java banyak mengambil dari C++, bukankan kita akan lebih cepat menguasai java jika kita terapkan juga pada alpro, dengan tidak memakai bahasa C++ untuk praktikum Alpro, tetapi langsung mengarah pakai jeni?

1 coment:

  1. terima kasih untuk artikelnya. pas banget, ane lagi nyari-nyari untuk bahan kuliah.

    oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

    ReplyDelete